https://rakyatpostonline.com/wp-content/uploads/2022/06/WhatsApp-Image-2022-06-23-at-16.55.06-3.jpeg

H. Ruksamin: Selain Di Rumah Berkebun di Tengah Pandemi Itu Lebih Efektif

CEGAH COVID-19 - Bupati Konut bersama Jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Konawe Utara, mengimbau masyarakat tetap laksanakan anjuran pemerintah Stay Home. (Redaksi/Rakyatpostonline.com)


Konawe Utara, Rakyatpostonline.com – Warga dunia disarankan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk berdiam diri di rumah demi mencegah penyebaran Corona COVID-19. Masyarakat Indonesia pun sudah melakukan work from home saat ini serta diberbagai daerah juga di terapkan tanpa terkecuali.

H. Ruksamin, Bupati Konawe Utara yang juga Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara (Sultra), meminta masyarakat untuk meningkatkan kedisiplinan hindari kerumunan dan menjaga jarak agar menghindari penularan virus corona penyebab COVID-19.

Mantan Ketua DPRD Konut ini menyampaikan, suasana rumah kerap memengaruhi produktivitas dan fokus saat bekerja. Selain itu, muncul pula rasa bosan karena terpaksa harus lebih banyak menghabiskan waktu di rumah. Meski bekerja dari rumah, penting untuk tetap menjaga kesehatan dan kebersihan agar terhindar dari paparan kuman dan virus. Disarankan untuk mencuci tangan seseringan mungkin, serta tetap aktif sehingga tubuh bugar dan sehat selama masa WFH.

“Kami dari Tim Gusus Tugas Covid 19 Konawe Utara, menghimbau kepada seluruh masyarakat hindari kerumunan. Jangan sentuh hidung, mata dan mulut setelah memegang sesuatu. Sering-seringlah mencuci tangan dengan sabun,” Ujar, Bupati Konut.

Berkebun merupakan salah satu kegiatan yang bisa Anda pilih dalam mengisi kebosanan ketika harus berada di rumah di tengah pandemi covid-19 ini. Selain mengisi kebosanan, berkebun juga bisa memiliki manfaat baik dari segi kesehatan fisik maupun mental Anda.

“Saya minta kepada bapak dan ibu sekalian, sampaikan kekeluarga kita sedapat mungkin banyak tinggal didalam dirumah. Atau kalau tidak kita bisa bergiat diluar rumah seperti dikebun, pasalnya dikebun sana kita tidak ketemu langsung dengan orang banyak, masih banyak yang bisa kita lakukan disana entah itu di kebun kelapa sawit, disawah atau kebun lainnya,” Imbau, Ketua Gugus Kerja Covid 19 Konut ini.

WHO juga merekomendasi untuk aktif selama 30 menit bagi orang dewasa, dan 1 jam untuk anak-anak per hari melaksanakan olahraga. “Pertama jaga jarak dengan orang lain, kemudian dilarang jabat tangan, cuci tangan, hindari kerumunan dan pakai masker di tempat ramai,” Tambahnya.

H. Ruksamin menyatakan, dengan menghindari lima hal tersebut diyakininya penyebaran virus corona tak akan semakin meluas, karena ancaman wabah virus corona telah menimbulkan banyak korban. Ia juga menghimbau agar masyarakat selalu menjaga jarak. Apabila masyarakat Konut bisa melaksanakan upaya-upaya pencegahan penularan virus corona dengan baik, niscaya akan terhindari dari wabah virus corona “Karena itu, ikuti dan taati serta tingkatkan disiplin tentang jaga jarak di mana pun berada,” Harap, Bupati Konawe Utara. (*)

(Rakyatpostonline.com/ Syaifuddin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *