Bupati Konsel Lantik 14 Kades Masa Bakti 2020-2026 di Lainea

Bupati Konawe Selatan, H. Surunuddin Dangga Melantik 14 Kepala Desa di Kecamatan Lainea. Jum'at (24/1/2020) (Sultan/Rakyatpostonline.com)

[responsivevoice_button voice=”Indonesian Male” buttontext=”Klick Bacakan Berita“]
Konawe Selatan, Rakyatpostonline.com – Bupati Konawe Selatan (Konsel), H. Surunuddin Dangga, di dampingi Wakil Bupati, H. Arsalim Arifin, melantik dan mengambil sumpah jabatan Kepala Desa (Kades) terpilih se-kecamatan Lainea, Laeya, Jum’at (24/01/2020).

Sebanyak 14 Kades yang dikukuhkan hari ini, dan disaksikan ratusan masyarakat setempat, yang di hadiri unsur Forkopimda dan sejumlah Pimpinan OPD Lingkup Pemda Konsel.

Pelantikan Kades dilaksanakan di kecamatan Lainea. Dimana, Kec Lainea dan Laeya berlangsung di Aula Kantor Camat Lainea.

Surunuddin, di kesempatan itu mengatakan bahwa Pemerintah harus mengambil keputusan walaupun terjadi riak – riak akibat Pemilukades serentak, yang menurutnya biasa terjadi karena berbeda pilihan dan pandangan.

Dikatakannya, jika masih ada yang menyengketakan terkait hasil Pilkades, silahkan melalui jalur hukum dengan tetap menjaga ketertiban, sekaligus berpesan kepada yang terpilih agar merangkul seluruh elemen masyarakat, dengan mengakhiri rivalitas politik, agar pembangunan Desa dapat berjalan baik.

Dijelaskannya juga, bahwa Kades bagian dari hierarki Pemerintah Daerah dan merupakan level Pemerintah terdepan, yang dapat dikatakan jabatan spesial di Negeri ini karena masa kerja 6 Tahun serta bisa menjabat 3 Periode atau 18 Tahun.

Untuk itu, imbuhnya, kepada kades yang baru di lantik agar memprogramkan kerjanya selama 6 tahun kedepan, dan menuangkannya dalam RPJMDes lengkap dengan target dan indikator kegiatan, dengan selalu membangun sinergi antar Pemerintah Desa, Kecamatan dan Kabupaten

“Para Kades dalam merumuskan program kerjanya, agar tidak aneh-aneh, namun harus mengakomodir kebutuhan masyarakatnya dan sejalan dengan program Pemerintah Kecamatan dan Kabupaten, sehingga tercapai pembangunan berkualitas menuju terwujudnya Desa Maju Konsel Hebat,” Tegasnya.

Ia juga berpesan, agar para kades dapat menjaga integritas, wibawa dan kehormatan sebagai pelayan masyarakat, dengan merubah pola kepemimpinannya, yang langsung turun ke masyarakat untuk menyelesaikan permasalahan dengan system melayani bukan dilayani.

“Mari emban tugas dan tanggungjawab dengan sebaik-baiknya, dan menunjukkan kinerja maksimal sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku, sehingga roda pemerintahan dapat berjalan hingga akhir periode dengan baik,” tandasnya.

Mengakhiri sambutannya, mantan Ketua DPRD Konsel ini, juga menghimbau agar PKK turut mengambil peran dalam pembangunan di desa masing-masing, serta memerintahkan Kades untuk memporsikan Dana Desa dalam kegiatan PKK mendorong pembangunan bangsa.

“Selamat bertugas, semoga dapat menjalankan amanah rakyat dan negara, dan menjadi terdepan dalam membangun daerah, saya juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh masyarakat atas dukungannya dalam menjaga ketertiban, sehingga pelaksanaan pilkades serentak berjalan aman,lancar dan kondusif,” pungkas Surunuddin.

Adapun Daftar Nama Kades yang dilantik hari ini berdasarkan SK Bupati Nomor 141/27 Tahun 2020 diantaranya, Kecamatan Laeya
Haerudin (Kades Laeya), Nilham (Torobulu), Purwo (Ombu-Ombu Jaya), Sultan Mujaya (Aepodu), Suriyadin (Labokeo), Edy (Ambesea)

Sementara untuk Wilayah Kecamatan Lainea,  Rusli (Watumeeto), Anas (Aoreo), Munaji (Pangan Jaya), Jumadil (Matabubu Jaya), Masrin (Bangun Jaya), Aris (Lainea), Umar Malik (Lalonggombu).

Perlu diketahui setelah ini Bupati Konsel, akan melanjutkan pelantikan Kepala Desa di kecamatan Kolono dan Kolono Timur Sebanyak 12 Desa. (A)

Laporan: Sultan
Editor: M. Sahrul

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *