Bupati Konsel Tinjau Pesantren Tangguh Covid-19 Gontor Putra Mowila

[responsivevoice_button voice=”Indonesian Female” buttontext=”Bacakan Berita“]
Konawe Selatan, Rakyatpostonline.com | Bupati Konawe Selatan, H. Surunuddin Dangga, ST.,MM melaksanakan kunjungan kerja (kunker) sekaligus meninjau Pesantren Tangguh Covid-19 ke Pondok Modern Darussalam Gontor Putra Kampus 6 Riyadhatul Mujahidin Pudahoa di Mowila, Selasa (4/8/2020).

Kedatangan Bupati yang didampingi Sekretaris Kabupaten, Ir. Drs. H. Sjarif Sajang, M.Si di sambut hangat Wakil Pengasuh Pondok Modern Darussalam Gontor Kampus 6 Riyadhatul Mujahidin Al-Ustadz Aripudddin, S.AP bersama jajaran.

Turut mendampingi Kapolsek Landono, Iptu Agus Darmanto, Anggota DPRD Provinsi Sultra, Rasyid, Camat Mowila, Muh Susanto Tawulo dan sejumlah pimpinan OPD.

Peninjauan Pesantren tangguh Covid-19 yang pertama di Konsel ini. Karena upaya dan keberhasilan Pondok dalam mencegah klaster baru penularan Covid-19 yang ketat menerapkan protokol kesehatan.

Kegiatan Kunker Bupati yang di pusatkan di Aula Utama Pondok diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an Surat Lukman Ayat 12 – 15 oleh Santri Abdul Hanif.

Bupati dalam sambutannya menyampaikan rasa bangganya karena kehadiran Pondok dapat menciptakan penerus bangsa dan daerah konsel yang pintar secara keilmuan, kontrol diri dan religius, karena menurutnya perkembangan iptek dewasa ini dibutuhkan kecerdasan intelektual dan spiritual, sehingga tidak mudah terpengaruh dengan hal yang menjerumuskan.

“Apresiasi atas adanya pondok ini, selain memperdalam ilmu juga berguna sebagai tameng dan penjaga generasi kita dari derasnya dampak negatif era globalisasi,” ucap Surunuddin.

Bupati dikesempatan itu juga menginginkan generasi muda Konsel bisa turut mengenyam pendidikan di Pondok tersebut. Yang menurutnya tidak kalah bersaing dengan sekolah umum lainnya.

Dan sebagai motivasi kepada warga Konsel, kedepan bagi peserta didik yang ingin masuk Pesantren Modern 6, dirinya bakal memberikan bantuan anggaran semaksimal mumgkin.

“Untuk mendorong generasi penerus, di Tahun 2021 bagi putra-putri Konsel yang sekolah disini akan kita berikan bantuan dana sekolah, dengan harapan selain pintar juga beriman. Endingnya dalam rangka mempersiapkan generasi kita kedepan yang berkualitas,”tutup Surunuddin.

Dalam Kunker tersebut, Wakil Pengasuh Pesantren Gontor Putra, Ustadz Aripuddin menyampaikan terimakasih atas kunjungan Bupati yang kesekian kalinya, ia juga mengapresiasi dukungan nyata terhadap pembangunan pesantren dan pengembangan SDM yang berkelanjutan.

“Tidak bisa saya ucapkan selamat datang kepada beliau, karena sudah keseringan berkunjung, yang kami anggap bagian dari keluarga besar pesantren, sebab telah banyak perhatian serta bantuan yang diberikan untuk pembangunan pondok ini. Kami hanya bisa sampaikan terima kasih dan apresiasi tulus,” ujar Ustadz Aripuddin.

Dijelaskan ustadz juga, bahwa sejak ramadhan tahun 2020 pondok berganti nama dari Pondok 7 Kendari menjadi Pondok Modern 6 Konsel, juga sebagai bentuk kecintaan terhadap kabupaten ini, yang mana saat ini telah mengasuh 500 santri termasuk tenaga pendidik.

Adapun terkait penyematan pesantren tangguh covid 19, ia mengungkapkan, demi memutus mata rantai penularan virus, pondok menerapkan protokol kesehatan secara ketat termasuk membiasakan santri selalu mencuci tangan, menggunakan masker dan menjaga jarak. Juga mengukur suhu tubuh dan menyemprotkan cairan desin kepada tamu yang akan berkunjung.

Disampaikan juga, bahwa Pondok telah menyiapkan ruang isolasi sebanyak 7 kamar lengkap dengan taman bermain, sebagai antisipasi jika ada yang terpapar virus.

“Untuk menjaga 500 orang dalam pondok dari covid-19, kita terapkan protokol kesehatan dengan disiplin tinggi dan siapkan tempat isolasi. Yang tentunya kehadiran Bupati kali ini bisa menjadi motivasi atau penyemangat dalam menjaga pondok agar senantiasa bebas dari wabah mematikan tersebut,” tandas Aripuddin. (*)


 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *