Konsel Juara Umum Ketiga Lomba MTQ Ke-28 Tingkat Sultra

Laporan : Dedi Wardani | Sultan Bakri

0
172
Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) Konawe Selatan.


Konawe Selatan, Rakyatpostonline.com – Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) keluar sebagai Juara Umum Ke-3 (tiga) pada lomba Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-28 Tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara Tahun 2020 yang di laksanakan secara virtual.

Pengumuman pemenang para kafilah dari 17 Kabupaten/Kota, termasuk Konsel disampaikan pada Upacara Penutupan MTQ tersebut yang di pimpin H. Ali Mazi, SH melalui Vicon yang di ikuti Sekretaris Daerah (Sekda) Konsel Drs Ir H Sjarif Sajang, M.Si di dampingi Asisten I Drs Sahrin Saudale, Kepala Kemenag Adnan Saufi, S.Pd dan Kabag Kesra Hamlin S Ode Maka,S.Pd di Ruang Rapat Diskominfo Konsel, Jum’at (25/9/2020).

Kemenangan tersebut sesuai keputusan Dewan Hakim Nomor : 1/DH/MTQ/Prov/09/2020 tentang Penetapan Juara lomba yang di ketuai KH Mursyidin dengan Sekretaris H. Zainuddin MZ.

Dimana kafilah Konsel mendulang medali dari jenis lomba Golongan Dekorasi Khathath atas nama Uut Sugandi dengan keluar sebagai Juara III, Muhlisin Juara II cabang Khattil Qur’an golongan naskah, Saul Juara III cabang Khattil Qur’an golongan hiasan mushaf.

Dan Juara II dari cabang seni baca Qur’an golongan tilawah anak-anak Qari’ah Nurul Fajriana Bintu Has, Juara I golongan tilawah cacat netra Qari’ah Hafiah Rahman, Juara II golongan tilawah dewasa Qari’ Muh Yasir M, Juara I golongan tilawah dewasa Qari’ah Jismayani.

Selanjutnya Juara I dari cabang qira’at Qur’an golongan murattal dewasa (Murattil Syafii dan Murattilah Rabiana) dan Juara Harapan I golongan murattal remaja (Mursyida), Juara II golongan qira’at mujawwad dewasa (Qari’ Hasanuddin) dan Juara I golongan yang sama (Qari’ah Hasmiati).

Kemudian Juara III cabang hafalan Qur’an golongan 1 juz dan tilawah (Ruzki Tri Ramadhan), Juara II golongan 30 juz (Hafidzh Ali Imran Ibrahim dan Hafidzah Inggid Rahma Sari). Juara I cabang Syarh Qur’an Golongan Putri (Hafiah rahman).

Terkait kemenangan Konsel yang masuk tiga besar umum se-Sultra, Sekda Konsel menyampaikan rasa syukur dan bangganya, karena kafilah mampu menyumbang medali ditengah keterbatasan sumber daya, akibat masa pandemi covid-19 yang sedang melanda nusantara, tak terkecuali di wilayah Konsel. Yang tentunya berdampak pada semua asfek kehidupan.

“Syukur dan puas atas raihan ini kendati masuk juara umum ketiga, ini akan terus kita tingkatkan prestasinya untuk persiapan menghadapi MTQ tahun depan di Kabupaten Kolaka,” tandas Sjarif.

Tak lupa mantan Kadishub Kota Kendari ini menyampaikan terima kasih kepada seluruh panitia, pendamping, dan para kafilah yang telah memaksimalkan usaha dan potensinya dengan sungguh-sungguh mengikuti setiap cabang lomba sehingga dapat mempersembahkan medali.

Untuk di ketahui, Kafilah Kabupaten Kolaka menjadi yang terbaik pada lomba MTQ Provinsi ini dengan keluar sebagai Juara Umum sehingga berhak menjadi tuan rumah lomba tahun berikutnya, disusul Kota Kendari. (**)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here