Resmikan MTQ Ke-VIII Tingkat Konut, Ruksamin: Jangan Permalukan Bupatimu

Bupati Konut, H. Ruksamin menyerahkan secara simbolis hadiah Umroh kepada Kafilah yang peroleh juara 1 pada STQ tingkat Provinsi Sultra tahun 2020. (*Ist/RP)

[responsivevoice_button voice=”Indonesian Female” buttontext=”Baca Teks Berita“]

Konawe Utara, Rakyatpostonline.com – Bupati Konawe Utara (Konut) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) H. Ruksamin membuka kegiatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke VIII tingkat kabupaten yang berlangsung di lapangan Kelurahan Langgikima, Kecamatan Langgikima, Senin (14/02/2022).

Pembukaan tersebut ditandai dengan pengetukkan mike oleh Bupati H. Ruksamin didampingi Wakil Bupati, H. Abu Haera, Sekda, H. M. Kasim Pagala, Ketua DPRD Konut, Ikbar, SH, mantan wakil bupati konut, Rauf, S.Ag, Asisten, Staf Ahli, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).

Bupati Konawe Utara, H. Ruksamin dalam sambutannya mengatakan, MTQ merupakan agenda tahunan yang dilaksanakan mulai tingkat desa, kecamatan, kabupaten, nasional, bahkan internasional. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas mutu bacaan, pemahaman, serta pengamalan isi kandungan Alquran di kalangan umat Islam.

“Pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur’an digelar di kecamatan Langgikima merupakan perhelatan perdana. Diajang ini kita dapat mengamalkan isi dan makna pelaksanaan MTQ. Sebab, Al-Quran merupakan petunjuk dan pemandu hidup umat Islam di seluruh jagad raya,” Ungkap H. Ruksamin, dihadapan peserta 15 Kafilah tergabung dari 13 kecamatan se-kabupaten konawe utara.

Bupati mengharapkan pelaksanaan MTQ tersebut akan melahirkan para qori dan qoriah terbaik agar bisa memperkuat Kabupaten Konawe Utara pada penyelenggaraan MTQ Tingkat Provinsi yang akan datang. Kegiatan ini merupakan salah satu implementasi misi ke enam dari Konasara

“Saya mengajak semua pihak untuk senantiasa memberikan perhatian serius terhadap pengembangan dan pemasyarakatan al-quran dalam kehidupan sehari-hari caranya dengan meningkatkan fungsi dan peranan Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran baik tingkat kecamatan maupun kabupaten dalam menyusun program yang baik,” Paparnya.

Dalam kesempatan itu, Bupati dua periode tersebut menegaskan proses pembangunan masjid di kabupaten konawe utara, pihaknya tidak pernah memilih dan memilah pembangunan masjid ditiap masing-masing desa, semua rumah ibadah sudah disiapkan anggarannya.

“Mulai dari sini (langgikima) sepanjang jalan sampai kendari, disetiap desa, hampir semua terpasangan kota amal ditengah jalan. Alhamdulillah, saya tidak pernah memilih, semua rumah ibadah saya sudah siapkan anggarannya. Jangan Permalukan Bupatimu, memasang kotak amal di tengah jalan dapat menimbulkan kecelakaan. Berapa hasil yang didapatkan disitu?,” Cetus Ruksamin.

Saya meminta mulai hari ini, Lanjut Ruksamin, tidak mau lagi melihat kotak amal terpajang di tengah jalan, berapa anggaran yang dibutuhkan pembangunan masjid itu adalah tanggungjawab pemerintah kabupaten konawe utara. “Sekarang bagaimana kita membangun dengan memanfaatkan teknologi, sehingga rasa kebersamaan dan empati bermunculan pada proses pembangunan rumah ibadah tampa menimbulkan orang lain kecelakaan,” Himbaunya.

Usai membuka kegiatan, dalam kesempatan tersebut, H. Ruksamin menyerahkan secara simbolis hadiah Umroh kepada Kafilah yang peroleh juara 1 pada STQ tingkat Provinsi Sultra tahun 2020.

Diketahui, 193 peserta MTQ dan 15 Peserta LASQI ikut pelaksanaan MTQ, lomba yang akan pertandingkan diantaranya, cabang lomba Tilawatil Quran, Nuzul Quran, Tafsir Al Quran, Fadilah Al Quran, dan Musabaqah Makalah Al Quran, serta Kasidah klasik dan vokalis. Dimana dalam setiap lomba tersebut terdiri dari golongan kanak-kanak putra putri, remaja putra putri, dan dewasa putra putri, berlangsung Senin, 14-17 Februari 2022.

Acara pembukaan MTQ berlangsung meriah dan mendapat sambutan ribuan masyarakat. Pembukaan tersebut juga dirangkai dengan pelantikan para dewan hakim sekaligus pemasangan toga dewan hakim secara simbolis yang dijubahkan langsung oleh bupati konawe utara, serta penyerahan alat Qasidah keterwakilan 13 kecamatan diberikan langsung oleh Hj Nur Ponirah Ruksamin bersama Hj Sarlina Sinumo. (**)


 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Dilarang Copy Paste. Hargai Karya Orang Lain Boss!