Jelang MTQ Tingkat Provinsi, Pemkab Konsel Training 54 Peserta Lomba

[responsivevoice_button voice=”Indonesian Female” buttontext=”Baca Teks Berita“]
Konawe Selatan, Rakyatpostonline.com – Sedianya pelaksanaan Lomba Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara ke-28 pada 21 – 25 September Tahun 2020 bakal digelar langsung di Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Namun, karena pertimbangan pandemi covid-19 yang kurva nya belum menunjukkan penurunan dan untuk mencegah terbentuknya cluster baru, sehingga dilakukan perubahan dan dilaksanakan secara virtual. Dimana para peserta cukup tampil atau mengikuti lomba di daerahnya masing-masing.

Menjelang dan menyambut penyelenggaran MTQ secara virtual tersebut, Pemerintah Daerah (Pemda) Konsel melalui Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) segera melakukan persiapan matang demi menghadapi event keagamaan tahunan itu.

Salah satu diantaranya, seperti yang digelar hari ini (Sabtu, 19/9/2020) di Green Potoro Hotel. Yakni melaksanakan kegiatan Training Center (TC) terhadap 54 peserta Lomba MTQ Kabupaten Konsel.

Pelatihan Terpusat bagi kafilah yang digelar selama 3 hari mulai 18 – 20 September dipandu oleh pemateri berpengalaman dan profesional dibidang Lomba MTQ Provinsi, seperti KH Mursyiddin, H Zainuddin MZ, dan H Hasdin Haz Lc.

“Dalam rangka menghadapi dan memantapkan lomba MTQ ini, kita awali dengan TC bagi 54 peserta yang didalamnya termasuk peserta cadangan,” ujar Kabag Kesra Setda Konsel, Hamlin S Ode Maka saat di temui disela-sela kegiatan TC didampingi Kepala Sub Bagian Tata Usaha Kemenag Konsel, Abdul Hafid.

Dijelaskannya, bahwa kegiatan pelatihan bertujuan untuk membekali dan mengasah kembali kesiapan dan kemampuan peserta, yang sempat vakum akibat dampak pandemi corona yang melanda belakangan ini.

Selain TC, sambung Hamlin, demi pencegahan penularan covid-19, seluruh peserta dan panitia penyelenggara kegiatan dilakukan rapid test dan pemeriksaan medical check up untuk memantau kondisi kesehatan tubuh.”Ini penting agar tidak tercipta cluster baru dan kesehatan peserta terjamin, sehingga mereka dapat mengikuti lomba dengan baik dan lebih memaksimalkan potensinya dengan harapan kita bisa menjadi juara,” imbuhnya.

Ditambahkannya juga, kafilah Konsel akan mengikuti semua cabang lomba yang dipertandingkan pada MTQ tersebut.

Menutup wawancaranya, Hamlin mengungkapkan, bahwa sesuai keinginan yang disampaikan Bupati Konsel, H Surunuddin Dangga ST MM dibeberapa kesempatan saat ditunjuk sebagai tuan rumah sebelum wabah corona. Ditargetkan Kafilah Konsel harus raih prestasi tertinggi dengan prinsip “Sukses Acara, Sukses Administrasi dan Sukses Prestasi”.

Untuk diketahui, jenis- jenis lomba pada MTQ ke-28 diantaranya lomba Tilawah, Karya Tulis Ilmiah, Seni Baca, Seni Kaligrafi, Fahmil dan Syahril Qur’an, Seni Baca serta Hafalan. Yang mana lomba akan dipantau oleh tim khusus yang dibentuk Gubernur Sultra H Ali Mazi SH. (*)


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *