https://rakyatpostonline.com/wp-content/uploads/2022/06/WhatsApp-Image-2022-06-23-at-16.55.06-3.jpeg

Terlibat Bentrok, Tiga Militer India Tewas di Tangan Pasukan Tiongkok

Tiga tentara india tewas.*


RAKYATPOSTONLINE.COM, NEW DELHI – Pertempuran ini terjadi di perbatasan kedua negara yang membentang sepanjang 3.500 kilometer. Perbatasan itu diliputi polemik berkepanjangan, tetapi tidak pernah ada yang terbunuh di sana selama puluhan tahun. Namun tahun ini, hubungan India dan China kembali memanas. Hal ini setelah seorang perwira Angkatan Darat India dan dua prajuritnya tewas oleh pasukan Tiongkok pada Senin (15/6) malam, dalam bentrokan di sepanjang perbatasan India-Cina.

Seperti diketahui, tentara India dan China telah terlibat perseteruan di kawasan perbatasan antara kedua negara selama berminggu-minggu. Selain di Ladakh, militer kedua negara juga tampak bersitegang di Pangong Tso, Lembah Galwan, Demchok, dan Daulat Beg Oldie di timur Ladakh.

Mengutip New York Times, laporan pendahuluan pada hari Selasa (16/6) menunjukkan bahwa para prajurit tidak tertembak, tetapi telah tewas dalam huru-hara lemparan batu yang mirip dengan perkelahian missal yang terjadi bulan lalu di sepanjang perbatasan.

Para pejabat militer India tidak tahu apa-apa tentang apa yang terjadi dan mengatakan mereka berusaha untuk tidak memperburuk situasi. Setelah pasukan India dan China berhadapan di beberapa titik tertinggi di Himalaya dalam beberapa minggu terakhir, para pejabat India mengatakan bulan ini bahwa kedua pihak bekerja untuk menyelesaikan perselisihan melalui saluran diplomatik.

Juru bicara kementerian luar negeri China, Zhao Lijian mengatakan bahwa tentara India melintasi area perbatasan hingga dua kali pada Senin (15/6). Ia juga mengatakan akan mengajukan protes keras kepada pihak India.

Zhao mengatakan tentara India melakukan provokasi dan menyerang tentara China hingga mengakibatkan bentrokan fisik yang tidak terhindarkan antara pasukan di daerah perbatasan.
Di Beijing, juru bicara Kementerian Luar Negeri, Zhao Lijian, mengatakan bahwa pasukan India telah dua kali melintasi perbatasan secara ilegal pada hari Senin (15/6) dan menyerang personil Tiongkok. Dia mengatakan pihak China telah “mengajukan protes keras” tetapi terus bekerja untuk menyelesaikan ketegangan antara kedua negara.

Belakangan China dan India hubungannya memanas di wilayah perbatasan. Bulan lalu, pasukan Cina menghadapi tentara India di beberapa titik perbatasan terpencil di Himalaya.  beberapa terpisah lebih dari 1.000 mil. (*KONTAN.CO.ID)


 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *