https://rakyatpostonline.com/wp-content/uploads/2022/06/WhatsApp-Image-2022-06-23-at-16.55.06-3.jpeg

Audiensi Dengan IAIN, Bupati Dukung Pembangunan Kampus di Konda dan Janjikan Beasiswa

AUDIENSI - Bupati Konawe Selatan (Konsel), H. Surunuddin Danggga, ST., MM menerima Audiensi dari Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari, di Rumah Jabatannya, Senin (9/3/2020). (Istimewa)


Konawe Selatan, Rakyatpostonline.com – Bupati Konawe Selatan (Konsel), H. Surunuddin Danggga, ST., MM menerima Audiensi dari Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari, di Rumah Jabatannya, Senin (9/3/2020).

Audiensi terkait rencana transformasi Kelembangaan IAIN menjadi Universitas Islam Negeri (UIN), yang bertujuan memperluas mandat akademik untuk memenuhi kebutuhan publik terhadap akses pendidikan yang berkualitas dan terjangkau.

Rombongan dipimpin langsung Rektor IAIN, Prof. Dr. Faizah Binti Awad, M.Pd, bersama Wakil rektor I Dr. Husain Insawan, M.Ag, Wakil Rektor III Dr. H. Herman, M.Pd.I, Ketua senat. Prof. H. Zulkifli Mustan, M.Si.,M.Pd, Kepala Biro AUAK Dr. H. Nanang Fatchurrachman, M.Pd, Ketua LPPM Dr. Abdul Kadir, M.Pd, Kepala SPI Aliwar, M.Pd, Dekan Fakultas Usuluddin Adab dan Dakwah Dr. Nurdin, M.Pd, serta Dekan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Dr. Masdin, M.Pd.

Dikesempatan itu, Bupati menyampaikan selamat datang dan terima kasih kepada rombongan IAIN Kendari yang telah hadir, yang mana Audiensi hari ini sejalan dengan program prioritas dan menjadi salah satu misi Pemda Konsel yaitu peningkatan SDM masyarakat sebagaimana tercantum dalam RPJMD 2016-2021.

“Program Konsel tidak hanya pembanguan fisik infrastruktur, tetapi juga memprioritaskan pembangunan SDM, dengan menjalin kerjasama beberapa Perguruan Tinggi, diantaranya UGM dan IPB, tentunya kami juga membuka peluang kerjasama dengan berbagai perguruan tinggi yang ada, termasuk IAIN,” tutur Surunuddin.

Terkait rencana pembangunan Kampus IAIN di Konda, Ia berharap pembangunan Universitas sesuai dengan Tata Ruang Konsel, termasuk bersinergi dengan Tim Percepatan Investasi (TPI) Pemda Konsel terkait hal tersebut.

“Kita memiliki TPI, IAIN diharapkan bisa bekerjasama dengan tim tersebut, termasuk terkait siteplan dan pembebasan lahan, agar ketika timbul masalah kedepan bisa diselesaikan bersama,” imbuhnya.

Menutup dialognya, Surunuddin menyampaikan bahwa dirinya dan Pemda sangat mendukung program transformasi IAIN menjadi UIN dan siap bersinergi dalam proses pembangunan, juga pemberian Beasiswa sebagai wujud peningkatan SDM di Sultra, khususnya di Konsel. “Sekaligus berharap IAIN dapat mempertahankan bahkan meningkatkan mutu, sehingga Putra Konsel tidak perlu lagi keluar daerah untuk kuliah,” tandasnya.

Dan dengan adanya UIN Kendari di Konsel, Lanjut Surunuddin, dapat membantu Pemerintah untuk melakukan pembinaan kepada masyarakat agar generasi muda dapat memiliki IMTAQ yang baik sehingga tidak masuk dalam kelompok-kelompok radikal. Termasuk dengan dibukanya Fakultas lain dan Fakultas Kedokteran, diharapkan dapat memenuhi kebutuhan guru agama disekolah dan kebutuhan dokter, sehingga peningkatan pelayanan pendidikan dan kesehatan dapat terlaksana dengan baik.

Dikesempatan yang sama, Rektor IAIN Kendari, Prof Faizah, juga menyampaikan terimakasih kepada Bupati yang telah berkenan menerima kedatangan rombongan dalam rangka audiensi, untuk menginformasikan IAIN sedang bertransformasi ke UIN.

“Kami berterimakasih atas sambutan Pemda Konsel, untuk beraudiensi yang bertujuan memperkenalkan bahwa kampus IAIN sedang berproses menjadi UIN, sekaligus melaporkan akan membangun kampus baru di wilayah Konda,” tuturnya.

Olehnya itu ia meminta dukungan Pemda Konsel dalam proses pengembangan ke Pendidikan Tinggi, yang saat iniIAIN juga membuka program Pasca Sarjana dalam memenuhi kebutuhan peningkatan SDM khususnya di Konsel.

Selain itu ia mengungkapkan bahwa kedepan IAIN akan membuka jurusan sebagaimana Universitas pada umumnya, antara lain Fakultas Kedokteran. Dengan terus melaksanakan sosialisasi ke masyarakat setiap tahunnya.

Mengenai persyaratan lahan yang ada di Konsel, Faizah menjelaskan bahwa telah kelar pengurusannya, karena sebagai salah satu syarat untuk dimulainya pembangunan gedung unit baru. “Kita semua sama berharap, kehadiran Universita dapat memenuhi kebutuhan peningkatan SDM di Sulta dan Konsel pada khususnya, untuk itu kami juga harapkan informasi-informasi dan sinergitas dari Pemda Konsel,” tandasnya.

Dan transformasi IAN menjadi UIN, pungkasnya, diharapkan dapat mengkombinasikan antara ilmu Agama dengan Ilmu Saintek yang diharapakan dapat memberikan peningkatan SDM konsel yang cerdas dan beriman. *

Laporan: Sultan/Dedi
Editor: M. Sahrul

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *