Gubernur Sultra Serahkan DIPA dan TKDD 2022 Kepada Bupati Konut

Bupati Konawe Utara, H. Ruksamin menerima DIPA dan TKDD 2022 oleh Gubernur Sultra.*

[responsivevoice_button voice=”Indonesian Female” buttontext=”Baca Teks Berita“]

Kendari, Rakyatpostonline.com – Gubernur Sulawesi Tenggara, H. Ali Mazi, menyerahkan DIPA dan TKDD tahun 2022 kepada pemerintah kabupaten konawe utara (konut) yang disaksikan seluruh Perwakilan Kementrian, Lembaga, TNI, Polri dan Kepala Daerah di wilayah Sultra, di Hotel Claro Kendari, Senin (13/12/2021).

Bupati Konawe Utara, H. Ruksamin, didampingi Ketua DPRD Konut Ikbar, Sekda Konut diwakili Asisten III ADM Umum La Ondjo, menerima daftar Isian Pelaksanaan Anggaran ( DIPA) serta buku daftar alokasi Transfer Kedaerah dan Dana Desa (TKDD) Tahun Anggaran 2022.

DIPA dan TKDD merupakan dokumen APBN yang menjadi acuan seluruh Kementrian/Lembaga dan para kepala daerah dalam melaksanakan program pembangunan Pemerintah dalam rangka melaksanakan visi misi presiden.

H. Ali Mazi dalam arahanya menyampaikan, beberapa hal terkait realisasi DIPA dan TKDD yakni, pertama melajutkan pengendalian Covid-19 dengan tetap memprioritaskan sektor kesehatan.

Kedua, menjaga keberlanjutan program perlindungan sosial bagi masyarakat kurang mampu dan rentan.

ketiga, peningkatan SDM yang unggul, keempat, melanjutkan pembangunan infrastruktur, dan penguatan desentralisasi fisikal untuk meningkatkan dan pemerataan kesejahteraan rakyat, dan terakhir melanjutkan reformasi penganggaran dengan menerapkan zero base budgeting agar belanja lebih efisien.

Selain itu, dalam arahannya H. Ali mazi, menyebut pemerintah kabupaten konawe utara berada diurutan ke dua dari Kabupaten dan Kota se- Sultra terhadap capaian realisasi ABPD yakni 81.17 persen.

Tak hanya itu, H.Ali Mazi juga memuji Pemda Konut atas capaian Vaksinasi Covid-19 yang berada di 60 persen, sehingga Konut berada diurutan ke dua Kabupaten dan Kota di Sultra.

“Capaian vaksinasi Konut sudah 60 persen, muda- mudahan Kabupaten lain juga dapat meningkatkan vaksinasi Covid-19” kata Ali Mazi

Diketahui, DIPA dan TKDD Konut Tahun 2022
sebesar 0.827 Triliun, untuk Sultra sebesar 22,12 Triliun. (**)


 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *