Ruksamin Masuk Nominasi Penerima Satyalancana dari Presiden RI

[responsivevoice_button voice=”Indonesian Female” buttontext=”Baca Teks Berita“]

Konawe Utara, Rakyatpostonline.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Utara (Konut) menerima kunjungan dari tim penilai Satyalancana Pembangunan dan Wirakrya Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Selasa (22/03/2020).

Rombongan tersebut, dipimpin oleh Ketua Penilai Satyalancana, Siti Isro Yati, SH., M.AP yang juga utusan dari Sekretariat Militer Presiden (Setmilpres).

Bupati Konut, Dr. Ir. H. Ruksamin, ST., M.Si., IPU., ASEAN. Eng, bersama Forkopimda, staf ahli, asisten, serta para Kepala OPD, melakukan penyambutan yang dipusatkan di Aula Konasara, Kecamatan Wanggudu.

Berdasarkan informasi yang dihimpun awak media, kunjungan ini dalam rangka melakukan uji petik penilaian terhadap kelayakan Bupati Konut untuk mendapatkan Satyalancana dari Pemerintah Pusat.

Kabupaten Konut sendiri menjadi salah satu nominasi, penerima Satyalancana. Dari seleksi awal sebanyak 541 Kabupaten Kota se-Indonesia, wilayah yang dipimpin Ruksamin ini masuk 18 besar.

Masuknya Konut dalam 18 besar nominasi ini, lantaran dianggap baik dalam pengelolaan potensi, pembangunan daerah, pemanfaatan pekarangan rumah dalam pengembangan pertanian, bantuan beda rumah, dan lain sebagainya.

Ruksamin dalam sambutannya, memaparkan potensi daerahnya, serta berbagai inovasi yang dilakukan dalam pembangunan daerah, salah satunya adalah program Jumat Berkah.

“Dalam Jumat Berkah ini kami pemerintah daerah mewajibkan tiap-tiap OPD untuk turun langsung memperbaiki rumah warga yang dianggap layak mendapatkan bantuan,” ungkap Ruksamin.

Selain Jumat Berkah, program lain yang digagas yakni inovasi dalam produksi hasil pertanian, setiap OPD bersama masyarakat, dianjurkan memanfaatkan pekarangan menanam sayuran yang diharapkan dapat menunjang perekonomian masyarakat, apalagi ditengah pandemi Covid-19.

Sementata itu, Siti Isro Yati SH.,M.AP sebagai ketua tim penilai, menjelaskan bahwa penghargaan Satyalancana diperoleh berdasarkan kinerja pimpinan dalam membangun daerahnya. “Tentu ini memerlukan proses yang cukup lama dalam penilaiannya,” ungkapnya.

Usai pembacaan sambutan, kegiatan ini dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara, antara tim Setmilpres, BKKBN Provinsi Sultra dan Pemkab Konut.

Acara ditutup dengan penyerahan plakat dan cendera mata dari Pemkab Konut, kepada tim penilai dan BKKBN Sultra. (**)


 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *