Anggaran Benih Komoditi Pertanian dan Perkebunan Konut Segera Cair

Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan Konut, Sadeli.

Konawe Utara, Rakyatpostonline.com – Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan (Distanak) Kabupaten Konawe Utara (Konut), terus meningkatkan kinerja, dalam rangka mengatasi tiga isu nasional yakni kemiskinan ekstrem, inflasi, dan stunting.

Kepala Distanak Konut, Sadeli, kepada awak media, Senin, (09/10/2023), mengungkapkan bahwa pihaknya selama tahun 2023, terus merealisasikan berbagai program, demi mengatasi tiga masalah nasional tersebut.

Berbagai program mulai dari Kementerian Pertanian (Kementan), seperti pembagian bibit ternak itik, hingga bantuan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konut terus digenjot realisasinya.

Salah satu yang bakal direalisasikan dalam waktu dekat oleh Pemkab Konut kata Sadeli, yakni anggaran pengadaan berbagai jenis benih komoditas perkebunan dan pertanian.

“Antara lain ada benih padi, benih jagung, kedelai, dan kacang hijau. Ini bersumber dari dana reguler 2023. Dananya masih dalam proses dan segera dicairkan,” ucapnya.

Kata Sadeli, penyaluran bantuan ini dibagi di seluruh kecamatan, namun wilayah-wilayah sentral paling diprioritaskan, seperti benih padi di Oheo, Motui, Sawah, dan Asera.

Diungkapkan, program ini merupakan wujud perhatian Pemkab Konut, sesuai dengan visi misi Bupati dan Wakil Bupati Konut, Ruksamin-Abuhaera yang menginginkan petani sejahtera.

“Semoga bantuan yang disalurkan, bermanfaat buat petani, sehingga apa yang menjadi keinginan pemerintah dan masyarakat itu sendiri dapat tercapai,” tutup Sadeli.


Laporan: Syaifuddin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *