Pemkab Konut Bahas Pengaruh Perubahan Iklim Terhadap Bidang Pertanian

Pembukaan seminar Rama Iklim, diselenggarakan di kantor aula Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Peternakan, Kamis (14/9/2023).

Konawe Utara, Rakyatpostonline.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Utara (Konut), menggelar seminar Rama Iklim, diselenggarakan di kantor aula Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Peternakan, Kamis (14/9/2023).

Turut hadir Asisten I, Sapruddin, Kadis Pertanian, Ir.Sadeli , Kepala BMKG, Aris yanatas, pihak Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan Provinsi Sultra, Sarmin Sp ,Sekretaris Dinas Pertanian, Alham kurniawan, Kabid tanaman pangan, Ir.Armawati, serta Ketua Kelompok Tani se-Kabupaten Konut.

Sapruddin selaku Asisten I dalam seminar ini menyampaikan, isu perubahan iklim sangatlah penting bagi semuanya, untuk mengantisipasi dalam menghadapinya, utamanya potensi berdampak di sektor pertanian.

Dampak perubahan iklim yang dirasakan relatif besar, sehingga untuk mengatasinya, ada tiga aspek utama, antisipasi, mitigasi dan adaptasi.

“Tantangan yang dihadapi oleh sektor pertanian, terutama dari dampak perubahan iklim cukup sulit, mengingat beberapa jenis tanaman banyak yang sensitif terhadap berbagai perubahan,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Tanaman Pangan, Armawati mengungkapkan, perubahan iklim yang terjadi, disebabkan oleh pemanasan global dan didorong oleh emisi gas karbondioksida.

Dampak yang sedang di hadapi oleh sektor pertanian adalah meluasnya defisit ketersediaan air yang dapat menurunkan luas tanam dan panen.

“Olehnya itu Dinas pertanian tanaman Pangan dan Peternakan melakukan seminar Rama Iklim, menjadikan solusi bagi masyarakat serta seluruh kelompok tani, mejadi masyarakat yang kuat dan sejahtera serta berdaya saing,” tutupnya.


Laporan : Syaifuddin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *