Dukung Pekarangan Pangan Lestari, Bupati Konut Siap Buatkan Regulasi

Bupati Konawe Utara, H. Ruksamin bersama masyarakat menggelar panen raya di kebun demplot kelompok wanita tani Desa Lahimbua, Kecamatan Andowia, Konawe Utara (Konut) dalam program optimalisasi pemanfaatan lahan pekarangan, Sabtu, (29/8/2020)


Konawe Utara, Rakyatpostonline.com | Pemerintah Daerah (Pemda) Konawe Utara (Konut) bersama masyarakat lakukan panen raya di kebun demplot kelompok wanita tani dalam program optimalisasi pemanfaatan pekarangan melalui Pengembangan Pekarangan Pangan Lestari (P2L) melaluiĀ  programkan Dinas Ketahanan Pangan (Ketapang) Konut di Desa Lahimbua, Kecamatan Andowia, Sabtu, (29/8/2020).

Kegiatan panen raya P2L tersebut di pimpin langsung oleh Bupati Konut bersama Dinas Ketapang serta Kapolres Konut dan Danramil Asera.

Dalam sambutannya, Bupati Konut, H. Ruksamin mengatakan, dengan kegiatan P2L ini harus terus digenjot, sehingga menghasilkan panen raya yang maksimal.

“Saya selalu menyampaikan kepada masyarakat untuk terus memanfaatkan halaman pekarangan rumah dengan menanam sayur dan lainnya,” Ungkap, H. Ruksamin.

Pihaknya berharap kepada kelompok tani P2L Desa Lahimbua terus mensosialisasikan kegiatan ini dan dijadikan contoh kepada kelompok wanita tani lainnya.

“Saya ingin kegiatan P2L ini terus berlanjut dan berkembang bulan depan harus ada kebun yang lainnya, ada kelompok wanita tani lagi. Jadikan ini pioner, jangan hanya sukses disini, pasalnya kalau ini terus berhasil kenapa tidak per Desa nantinya kedepan kita Lakukan,” Imbuh, H. Ruksamin.

Bupati konawe utara terus memberikan dukungan untuk masyarakat dalam halĀ  pemberdayaan kemasyarakatan sertaĀ  mendorong pemanfaatan lahan pekarangan.

“Kalau perlu saya akan keluarkan regulasi dengan diwajibkan melalui Dana Desa (DD) bekerjasama dengan Pemda Konut minimal 30 sampai 50 juta harus ada kebun dengan lokasi setengah hektar dianggarkan disana untuk sama-sama kita kerja,” tegas, H. Ruksamin.

Kepala Dinas Ketapang Konut melalui Kepala Bidang konsumsi dan penganekaragaman ketahanan pangan, Ahmad Sukamto Tayeb mengatakan, panen raya yang dilakukan hari ini adalah kegiatan pengembangan pangan lestari yang dananya berasal dari Kementerian diusulkan dari Kabupaten melalui Dinas ketahanan pangan provinsi sultra.

“Kegiatan P2L ini sebanyak delapan kelompok yang terbagi empat Kelompok penumbuhan dan empat kelompok pengembangan, dari delapan kelompok wanita tani P2L semua dilakukan penanaman kategori berhasil salah satunya di Desa Lahimbua yang hari ini kami melakukan panen raya bersama Pemda Konut,” Kata Ahmad.

Ia menambahkan kegiatan ini bertujuan guna pemenuhan pangan dan gizi keluarga, peningkatan perekonomian pendapatan keluarga serta meningkatkan partisipasi masyarakat dalam rawan pangan dan gizi.

“Dengan harapan sebagai motivasi kelompok wanita tani yang lain agar lebih meningkatkan penanamannya serta program ini tidak hanya sampai disini tetapi berkelanjutan dari masa ke masa,” Pungkasnya. (*)


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.