Antisipasi Corona, Bupati Konsel Perintahkan Liburkan Sekolah dan Batasi Perjalanan Dinas

MEREBAHNYA VIRUS CORONA | H. Surunuddin Dangga, ST.,MM didampingi Sekretaris Daerah (Sekda), Ir. Drs. H. Sjarif Sajang, M.Si langsung menggelar rapat, yang diikuti para Pimpinan OPD, Camat dan Kepala Puskesmas. Senin (16/3/2020). (Foto. Istimewa/Rakyatpostonline.com)


Konawe Selatan, Rakyatpostonline.com – Merebaknya Virus Corona dibelahan Dunia, termasuk di Indonesia belakangan ini, hal tersebut juga menjadi perhatian serius Pemerintah Daerah (Pemda) Konawe Selatan.

Tidak mau kecolongan, dan untuk mengantisipasi penyebaran Virus Copid – 19 di daerah yang dipimpinnya, bertempat di Auditorium Lt III kantornya, Bupati Konsel, H. Surunuddin Dangga, ST.,MM didampingi Sekretaris Daerah (Sekda), Ir. Drs. H. Sjarif Sajang, M.Si langsung menggelar rapat, yang diikuti para Pimpinan OPD, Camat dan Kepala Puskesmas. Senin (16/3/2020).

Rapat juga dilaksanakan sebagai tindak lanjut arahan Presiden terkait status Darurat Corona di masing-masing Daerah.

Dikesempatan itu, Bupati meminta seluruh pihak agar siap siaga dalam menghadapi kemungkinan yang akan terjadi terkait pandemi Corona yang telah merenggut ribuan nyawa di seluruh dunia.

“Kesiapsiagaan kita diperlukan dalam menghadapi Pandemi Corona ini, termasuk ketersediaan fasilitas kesehatan, juga tenaga Dokter dan Perawat di Rumah Sakit dengan di Puskesmas, Protokol kesehatan ketika menangani pasien suspect harus sesuai ketentuan yang ditetapkan Pemerintah Pusat,” tegasnya.

Selain itu, sejalan dengan kebijakan daerah lainnya dan sesuai keputusan Gubernur Sultra, H. Ali Mazi, ia memerintahkan agar sekolah-sekolah di seluruh wilayah Konsel, mulai dari tingkat TK/PAUD, SD hingga SMP agar menghentikan sementara proses belajar mengajar selama 14 hari kedepan.

Hal ini wajib dilakukan, mengingat Konsel salah satu pintu masuk bagi warga luar Sultra, utamanya yang menggunakan jasa transportasi udara melalui Bandara Haluoleo dan jasa transportasi laut via pelabuhan penyeberangan Fery Torobulu – Kecamatan Laeya dan di Langgapapulu – Kolono Timur.

Termasuk melarang ASN melakukan perjalanan Dinas ke luar daerah, jika tidak urgent.

Ia juga memerintahkan Camat, agar menyampaikan ke seluruh lapisan masyarakat di wilayah kerjanya, untuk meniadakan sementara kegiatan mengumpulkan massa, termasuk menyiapkan desinfektan untuk didistribusi di tempat umum atau rumah ibadah.

Dalam dialognya, Bupati mengungkapkan bahwa Pemda menjamin ketersediaan anggaran dalam memerangi wabah tersebut dengan merujuk pada SK Menteri Keuangan, Sri Mulyani bernomor 6/KM.7/2020 tentang penyaluran Dana Alokasi Khusus Fisik Bidang Kesehatan Dan Dana Bantuan Operasional Kesehatan Dalam Rangka Pencegahan Dan/Atau Penanganan Corona.

“Untuk biaya perawatan sesuai instruksi Presiden, kita siapkan anggarannya, baik yang terjangkit maupun perlindungan terhadap petugas medis, termasuk menyiapkan suplement kesehatan dan alat pelindung diri,” bebernya.

Menutup arahannya, Surunuddin meminta Sekda Konsel, agar menerbitkan leaflet berisi himbauan bagi masyarakat tentang pencegahan virus Corona. Dan mengingatkan Dinkes agar menyiapkan seluruh fasilitas kesehatan dengan baik sesuai protokol kesehatan yang di anjurkan Pemerintah Pusat. (A)

Laporan: Dedi Wardani
Editor: M. Sahrul

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.