https://rakyatpostonline.com/wp-content/uploads/2022/06/WhatsApp-Image-2022-06-23-at-16.55.06-3.jpeg

Dinas Pendidikan Konut Pastikan Pelaksanaan UNBK 2020 Tak Ada Kendala

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Konawe Utara (Konut), Lapeha, S.Pd.,M.Si, Jum'at (6/3/2020). (Din/Rakyatpostonline.com)


Konawe Utara, Rakyatpostonline.com – Sebanyak 29 Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Konawe Utara mampu melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun ini. UNBK Kali ini Dilaksanakan pada tanggal 20-23 April 2020 mendatang. Meskipun masih ada beberapa sekolah belum mandiri UNBK, sebanyak 9 sekolah, namun persiapannya terus dipantau Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Konut. Termasuk persiapan simulasi UNBK yang usai diselenggarakan ditiap sekolah.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Konawe Utara (Konut), Lapeha, S.Pd.,M.Si, menyampaikan, pelaksanaan UNBK tahun 2020 saat ini dipastikan tidak mengalami kendala seperti tahun 2019 lalu. Sejauh ini kendala yang sering dijumpai bukan persoalan alat semisal komputer, melainkan sering terjadi pemadaman saat UNBK berlangsung, mengingat terdapat beberapa sesi dalam sehari.

Sebagai antisipasi permasalahan itu, lanjut Lapeha, pihaknya sudah melakukan koordinasi dari pihak PLN agar sepanjang pelaksanaan UNBK tidak terjadi pemadaman listrik. Di samping itu pihaknya juga telah meminta dari pihak Telkomsel untuk memastikan tidak mengalami kendala jaringan internet.

“Untuk Mengantisipasi hal tersebut, saya sudah melayangkan surat kepada pihak telkomsel dan PLN, dan kami sudah kirim suratnya. Alhamdulillah, sudah diterima dan direspon dengan baik,” Ungkap Kadikbud Konut, Lapeha.

Lebih lanjut mantan Sekdis Dikbud itu mengurai, dalam pemantauan, semua peserta UNBK sudah fasih mengaplikasikan komputer. “Karena jauh hari sebelumnya, kami sudah memberikan bimbingan baik teknis maupun cara dalam pengisian soal UNBK,” Tambahnya.

Selain itu, lapeha mengimbau kepada wali murid untuk turut serta menjaga stabilitas kesehatan, misalnya mengawasi agar dunia bermain mereka sementara waktu dibatasi.

“Kami sudah berkoordinasi dengan pihak sekolah di Konut. Semua SMP sudah melaksanakan UNBK. Walaupun masih ada kendala kecil. Meski demikian, sekolah sudah siap mengikutinya. Kedepan, secara bertahap, kita optimis semua sekolah mampu mandiri UNBK dan insya Allah UNBK kali ini sukses,” Tutup Kadikbud Konut. *

(Rakyatpostonline.com/ M. Sahrul/ Syaifuddin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *