Pemda Konut Optimis Ciptakan Duta Protokoler Handal

Bupati Konawe Utara, H. Ruksamin.

[responsivevoice_button voice=”Indonesian Female” buttontext=”Baca Teks Berita“]
Kendari, Rakyatpostonline.com – Bagian Humas dan Protokol Pemerintah Daerah (Pemda) Konawe Utara (Konut) Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Protokoler, hal itu berdasarkan peraturan Kemdagri UU Nomor 9 tahun 2010, tentang keprotokoler yang gelar di salah satu hotel di Kendari, Rabu, (10/03/2021).

Fungsi Protokol sangat penting karena terkait dengan sukses tidaknya penyelenggaraan suatu kegiatan yang dilakukan oleh pejabat Negara, pejabat pemerintah, dan tokoh masyarakat. Karena protokol merupakan seperangkat aturan dalam acara kenegaraan atau acara resmi yang meliputi aturan mengenai tata tempat, tata upacara, dan tata penghormatan sehubungan dengan penghormatan kepada seseorang sesuai dengan jabatan dan/atau kedudukannya dalam negara.

Mengulas tentang bagaimana menciptakan tata keprotokolan yang baik, mengingat bidang protokol merupakan hal paling mendasar dalam setiap acara formal pemerintahan. Kegiatan bimtek keprotokolan pemda Konut mengikutsertakan 100 peserta yang terdiri dari Staf ahli Bupati, Asisten Setda, Kepala OPD, Kabag dan para Camat, Se-Kabupaten Konawe Utara (Konut).

Bupati Konawe Utara (Konut) H. Ruksamin menjelaskan, tujuan kegiatan ini guna untuk meningkatkan kapasitas keprotokoleran oleh masing-masing OPD, Asisten, Staf dan Camat. lingkup Pemkab Konawe Utara. Selain itu, pegawai di lingkungan SKPD dan Kecamatan yang memahami Keprotokolan tidak lagi merepotkan Humas dan protokoler Bupati.

“Sebagai mana kita ketahui tugas dan fungsi protokoler sangat Fundamental terhadap sikap dan kemampuan OPD dan pemerintah dalam menyelenggarakan setiap kegiatan yang akan di laksanakan, baik tingkat SKPD maupun tingkat kecamatan,” Ungkap, Bupati, H. Ruksamin.

Bupati Dua periode itu juga mengharapkan para peserta bimtek dapat menjadi duta protokol di SKPD dan organisasi masing-masing, karena sebagaimana diketahui bahwa jumlah personil protokol di Kabupaten Konawe utara masih kurang, bahkan tidak hanya itu sikap, kesopanan, penampilan dan gaya tubuh yang baik itu harus juga di terapkan degan baik. (**)


 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *