Peduli Kepada Lembaga Sosial, Bupati Konsel Serahkan Akreditasi Kemensos ke 7 LKSA

PENYERAHAN AKREDITASI - Bupati Konsel, H. Surunuddin Dangga menyerahkan Akreditasi Kemensos kepada tujuh LKSA di Pendopo Rujab Bupati, Rabu (3/6/2020). (Ist/Rakyatpostonline.com)


Konawe Selatan, Rakyatpostonline.com – Bupati Konawe Selatan (Konsel), H. Surunuddin Dangga, ST.,MM menyerahkan Akreditasi kepada 7 (Tujuh) Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) dari Kementerian Sosial. Yang diterima masing-masing pengurusnya. Dalam kegiatan ini, turut mendampingi Bupati, Kadis Sosial, Edwin Kodoh, Sekdis Sosial, Surdin L, Direktur RSUD Konsel. dr Boni Lambang Pramana dan Kabag Ekonomi, Gunawan Syah.

Akreditasi diberikan karena dianggap telah memenuhi standarisasi kelayakan lembaga kesejahteraan sosial yang telah ditetapkan Kemensos. Atas eksistensinya dibidang sosial dalam membina, mengedukasi dan memberi perlindungan anak yang tergolong yatim atau terlantar.

Ketujuh Lembaga atau panti asuhan yang menerima akreditasi yang terdiri dari Kategori B (Good) dan Kategori C (Fair) diantaranya, akreditasi B diberikan ke LKSA Al Anbawi. Sedangkan kategori C di berikan ke LKSA Al Falaq, Nahdhatul Wathan, Majmun Nahdhatul Wathan dan LKSA Al Hidayah Angata.

“Sertifikat akreditasi diberikan ke 7 lembaga, karena sudah memenuhi standar kelayakan dari Kemensos sebagai lembaga kesosial. Di dasarkan pada penilaian program, SDM, manajemen dan organisasi, sarana dan prasarana, serta hasil pelayanan kesejahteraan sosial,” ujar Bupati Konsel, Surunuddin Dangga usai penyerahan di Pendopo Rujab Bupati, Rabu (3/6/2020).

Dijelaskannya, bahwa akreditasi dari Kemensos tersebut merupakan bentuk perhatian pemerintah, dengan harapan LKSA bisa memberikan dampak yang lebih luas bagi masyarakat, yang selanjutnya layak dan legal diberikan bantuan oleh Pemerintah.

“Adanya akreditasi ini, tentunya bisa menjadi pemicu lembaga kesejahteraan sosial lainnya untuk mendapatkan pengakuan dan penghargaan dari Pemerintah, serta bisa dapat bantuan baik melalui APBN maupun APBD Konsel,” imbuhnya.

Menutup penjelasannya, Ia mengungkapkan bahwa pemberian akreditasi yang hari ini dilaksanakan, tak terlepas dari sinergitas Kemensos dengan Dinsos Konsel, yang selalu melakukan pembinaan tentang pemberdayaan ekonomi. (*Pemda Konsel)

Laporan: Dedi Wardani
Publisher: MS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.