https://rakyatpostonline.com/wp-content/uploads/2022/06/WhatsApp-Image-2022-06-23-at-16.55.06-3.jpeg

Fokus Covid-19, Perayaan HUT Konsel Ditiadakan Diganti Dengan Bantuan Sembako

PENYERAHAN BANSOS - H. Surunuddin Dangga, ST.,MM, saat menyalurkan ribuan sembako secara simbolik kepada warga di Kecamatan Benua. Minggu (26/4/2020).(Istimewa/Rakyatpostonline.com)


Konawe Selatan, Rakyatpostonline.com – Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), seyogyanya akan di gelar pada 2 Mei 2020 mendatang. Namun urung di laksanakan dikarenakan Pemerintah Daerah setempat lebih fokus pada penanganan Corona Virus Disease (Covid-19) yang telah menelan korban jiwa ribuan orang diseluruh dunia, termasuk Indonesia.

Kepastian ditiadakannya perayaan Hari Jadi Konsel yang ke-17 tersebut, disampaikan Bupati Konawe Selatan (Konsel), H. Surunuddin Dangga, ST.MM pada saat menyalurkan ribuan sembako secara simbolik kepada warga di Kecamatan Benua, Minggu (26/4/2020).

“Untuk Tahun ini perayaan Ultah Konsel tidak kita laksanakan, berhubung adanya wabah Corona yang melanda di wilayah Indonesia pada umumnya, Konsel khususnya,” ujar Bupati, H. Surunuddin Dangga.

Dikatakannya, Agenda Perayaan HUT Konsel memang hal yang penting, namun melihat kondisi yang ada saat ini, juga atas nama kemanusiaan, maka anggarannya dialihkan untuk penanganan Covid-19.

Hal ini sesuai dengan arahan Pesiden Joko Widodo, jelasnya, yang tertuang dalam Inpres No. 4 Tahun 2020 tentang Refocussing Anggaran, Realokasi Anggaran, serta Pengadaan Barang dan Jasa Dalam Rangka Percepatan Penanganan Covid-19.

Dimana, Inti dari Inpres tersebut, agar Pemda/Kementerian/Lembaga mengalihkan anggaran yang sebelumnya telah ditetapkan, diubah untuk difokuskan kepada penanganan Covid-19.

“Sesuai Instruksi Presiden, seluruh anggaran yang telah kita tetapkan agar dialihkan kepenanganan wabah corona, seperti anggaran perjalanan dinas dan proyek pembangunan, termasuk anggaran seremoni HUT Konsel,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, alokasi anggaran perayaan Ultah Konsel tersebut, nantinya dialihkan untuk pengadaan paket Bantuan Sembako yang akan didistribusikan ke seluruh Kecamatan, khususnya kepada warga yang telah didata sebelumnya, dan benar terdampak Covid-19.

“Biaya pengalihan ke bantuan sembako, akan diberikan ke warga yang berhak dan telah tervalidasi oleh tim yang melibatkan aparat Desa, Kelurahan, Kecamatan, Dinsos, unsur TNI-Polri dan ormas. Tujuan agar data tidak tumpang tindih dan tepat sasaran,”ujar Surunuddin.

Mengenai besaran anggaran Ultah Konsel yang dialihkan tersebut, besarannya -/+ Rp500 juta sesuai yang tertuang dalam APBD Konsel 2020. ” Sesuai DPA APBD 2020, alokasi anggaran untuk perayaan HUT Konsel ke-17 itu, sekitar 500 juta Rupiah untuk membiayai sejumlah kegiatan, kita tiadakan dulu, kita sama berharap Pandemi Corona segera berakhir,” tandasnya.

Untuk diketahui bersama, HUT Konsel yang ke-17 pada Tahun 2020 ini, sesuai dengan UU Nomor 4 Tahun 2003 tentang pembentukan Kabupaten Konawe Selatan di Provinsi Sulawesi Tenggara. (*Pemda Konsel)

Laporan: Dedi Wardani
Publisher: Noldy

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *