https://rakyatpostonline.com/wp-content/uploads/2022/06/WhatsApp-Image-2022-06-23-at-16.55.06-3.jpeg

Peduli Dampak Covid 19, Kades Kaindi Cairkan BLT-DD Senilai Rp1,2 Juta


Konawe Selatan, Rakyatpostonline.com – Melalui Kucuran Dana Desa (DD) yang bersumber dari anggaran APBN Pemerintah Desa (Pemdes) Kaindi, Kecamatan Lainea, Kabupaten Konawe Selatan, Provinsi Sulawesi Tenggara, telah melakukan berbagai macam program pembangunan di desa, guna meningkatkan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat dalam mengelola dana desa.

Menurut Kepala Desa Kaindi, Kecamatan Lainea, Pemilu, mengatakan dengan di alihkannya sebagian Dana Desa (DD) Ke anggaran Bantuan Langsung Tunai (BLT) sesuai anjuran pemerintah dalam sebulan, setiap desa harus diberikan BLT ke masyarakat bagi warga kurang mampu sebesar Rp600.000,- (Enam Ratus Ribu Rupiah) per Kepala Keluarga, selama 3 bulan, jadi jumlah keseluruhan sebesar Rp1.800.000,- (Satu Juta Delapan Ratus Ribu Rupiah).

“Sementara pembagian BLT kepada warga kurang mampu baru-baru ini kami sudah salurkan kepada masyarakat, adapun besaran dana kami berikan untuk penyaluran pertama langsung kami anggarakan 2 bulan sekaligus, sebab mengingat nda lama lagi idul fitri,” Jelas Pemilu saat ditemui awak media pada Rabu (13/05/2020).

Adapun jumlah BLT yang kami serahkan warga Kaindi yaitu sebesar Rp1.200.000,- (Satu Juta Dua Ratus Ribu Rupiah) dimana pembagian dana BLT tersebut disaksiakan langsung oleh pemerintah Desa Kaindi, Bhabinsa dan Bhabinkamtibmas serta pendamping desa baik dari kecamatan maupun dari kabupaten atau dengan kata lain melibatkan semua Stake Holder, semua elemen yang berwenang,” Tambah, Pemilu.

Sementara di tengah mewabahnya pandemi covid-19, Pihaknya juga sudah melakukan berbagai macam kegiatan guna memutus mata rantai penyerabaran virus corona, pihaknya sudah melakukan penyiraman cairan Disinfektan ke rumah-rumah warga, dan ketempat-tempat umum. Selain itu Kades Kaindi, pemilu juga sudah melakukan pembagian masker kepada masyarakat agar masyarakat bisa menggunakan masker tersebut ketika hendak keluar rumah atau dalam beraktivitas.

Lanjut kades dua periode ini, dari hasil musrembang yang masuk dalam APBDes Desa Kaindi untuk tahun 2020 ini, “Pemdes Kaindi juga telah programkan pembangunan saluran pembuangan air atau (SPAL) dengan volume panjang 150 meter dan ada juga pengadaan pupuk Urea, dan pupuk MPK bagi masyarakat yang kesehariannya berkebun,” tutup, pemilu. (B)

Laporan: Sultan Bakri
Editor: M. Sahrul

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *