https://rakyatpostonline.com/wp-content/uploads/2022/06/WhatsApp-Image-2022-06-23-at-16.55.06-3.jpeg

Desa Lainea Distribusikan Kepada 97 KK Penerima BLT Dana Desa 2020

PENYERAHAN BLT DANA DESA - Kepala Desa Lainea Aris, A.Md, menyerahkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada 97 KK. Rabu (13/05/2020). (Sultan/Rakyatpostonline.com).


Konawe Selatan, Rakyatpostonline.com – Pemerintah Desa Lainea, Kecamatan Lainea, Kabupaten Konawe Selatan, Provinsi Sulawesi Tenggara, sudah menyerahkan bantuan langsung Tunai (BLT) secara langsung kepada masyarakat Dengan melibatkan semua stake holder yang ada.”Ungkap, Kades Lainea Aris.Amd. pada saat di temui di kediamannya pada Rabu (13/05/2020).

Kepala Desa Lainea Aris, A.Md, kepada media ini mengatakan, bahwa penerima Dana BLT yang bersumber dari anggaran Dana Desa APBN, “Untuk Desa yang saya pimpin ini berjumlah 97 Kepala Keluarga (KK) penerima manfaat, dimana sebelumnya 100 KK yang terverifikasi dan terdata, tetapi ada 3 KK dalam masalah jadi, jadi terpaksa yang menerima hanya 97 KK,” Ungkap, Aris.

Sementara jumlah penerima BLT ini sudah menjadi ketetapan pemerintah, setelah dilakukan pendataan dan verifikasi data warga calon penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT).

Menurutnya penerima BLT adalah warga yang diluar dari pada Penerima Bantuan Sosial lainnya, yaitu diluar dari PKH, BNPT, Sembako, baik dari APBN maupun dari APBD, serta diluar dari ASN dan Pesiunan, hal ini diterapkan guna tidak dobel menerima yang mengacu pada anjuran dan aturan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah pusat.

“Adapun besaran yang kami salurkan untuk pencairan tahap pertama sebesar Rp1.200.000,- (Satu Juta Dua Ratus Ribu Rupiah) selama 2 bulan, jadi pencairan kedua nanti hanya sisa satu bulan lagi,” Paparnya.

Lanjut, Mantan Pol PP Konawe Ini, dirinyapun berharap agar warga Lainea yang sudah menerima BLT, dapat gunakan sebaik-baiknya didalam menghadapi pandemi Covid-19. BLT tersebut dibayarkan langsung oleh masyarakat yang disaksikan oleh TNI-POLRI yang bertugas di desa, dan semua elemen terkait baik dari pendamping kecamatan maupun dari kabupaten, serta melibatkan Perangkat desa dalam penyaluran dana tersebut.

“Terkait gaji honor kader posyandu, posbindu, honor kader guru mengaji, honor kader guru paud, dan kader stanting serta honor kader KB, juga sudah kami bayarkan, melalui DD di tahap pertama,” Tambah, Aris.

Perlu di ketahui selain pembagian BLT dari Program DD tahun 2020, pada pencairan tahap pertama pihaknya juga sedang membangun perahu Viber sebanyak 10 unit, yang di kelola langsung oleh TPK Desa Lainea, “Sebab ini sebagian besar juga warga kami adalah nelayan maka melalui program DD, dari hasil musrembang kami programkan pengadaan perahu Viber bagi Nelayan yang sangat membutuhkan sesuai hasil permintaan masyarakat,” ujarnya.

Adapun himbauan Pemdes Lainea dalam mewabahnya virus corona ini, pihaknya memberikan edukasi jaga kebersihan, sering cuci tangan pakai sabun, gunakan masker, hindari kerumunan dan kontak fisik, serta jaga jarak, dan rajin olahraga.

“Upaya memutus mata rantai penyeberan Covid-19, Pemdes Lainea sudah melakukan penyemprotan Disinfektan ke rumah-rumah warga, dan ketempat-tempat umum, dan juga sudah bagikan masker ke warga, jadi adanya virus corona ini diharapkan jangan panik dan tetaplah tenang dan waspada, jangan menyebarluaskan informasi yang tak pasti, bersama kita bisa dirumah aja (Stay Home),” Tutup, Aris. (B)

Laporan: Sultan Bakri
Editor: M. Sahrul

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *