BSPS 2020 Desa Ambesea, Konsel Bakal Dapat Percikan Dana Aspirasi Ridwan Bae

Ridwan Bae


Konawe Selatan, Rakyatpostonline.com – Program Bantuan Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) yang bersumber dari anggaran Kementrian PUPR, melalui Aspirasi Anggota DPR RI Komisi V, Ridwan Bae, di Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Sulawesi Tenggara (Sultra). Rabu (13/05/2020).

Salah satu Desa Di Konawe Selatan yang mendapatkan bantuan yaitu Desa Ambesea, Kecamatan Laeya. Asnawi Teridala Salah satu tokoh masyarakat di Desa Ambesea, sangat mengapresiasi bakal turunnya bantuan tersebut melalui Dana Aspirasi DPR RI.

Asnawi Taridala menuturkan bahwa program bantuan BSPS untuk tahun anggaran 2020 ini masih dalam tahap verifikasi Proposal dan kelengkapan administrasi.

Asnawi Taridala

“Info yang saya peroleh, untuk di Desa Ambesea mendapatkan 20 unit, dan ada tiga kecamatan di Konawe Selatan yang akan mendapatkan bantuan ini kurang lebih 60 Unit dengan kucuran dana Rp15 juta/Unit serta Rp2,5 jt untuk biaya tukang,” Papar Asnawi Taridala.

Menurutnya bahwa upaya percikan dana ini demi kesejahteraan masyarakat, karena mengingat masih banyak masyarakat khususnya di Desa Ambesea kurang lebih 40% yang memiliki rumah belum layak huni.

“Harapan saya kalau bisa di dengar oleh anggota DPR RI selain pak Ridwan Bae yaitu anggota DPR yang berasal dari Sulawesi Tenggara, untuk lebih aktif lagi memperhatikan masyarakat,” harap, Asnawi Taridala.

Melalui Tenaga Ahli Komisi V DPR RI, Ashri Salam, membenarkan hal tersebut, bahwa tahun ini akan adanya bantuan yang turun di Sulawesi Tenggara, salah satunya di Kabupaten Konawe Selatan, khususnya Desa Ambesea.

“Terkait BSPS benar, bahwa beberapa Desa di Sulawesi Tenggara yang masuk program tersebut atas usulan kami. Termasuk Desa Ambesea, Kalau berdasarkan scedule mestinya progress kegiatan sudah terlihat, hanya sekarang masih situasi pandemi covid-19, jadi scedulenya tidak on time, kalau tidak salah sekarang fase menyusunan proposal. Sebenarnya yang lebih paham teknis adalah para fasilitator dan pejabat kegiatan, kami hanya sebagai lembaga mitra dan pemilik aspirasi,” Jelas Ashri Salam, saat dihubungi melalui via whatsApp. Kamis, (14/05/2020).

Selain BSPS, melalui program dari Aspirasi Ridwan Bae, juga memberikan bantuan peningkatan sarana kegiatan ekonomi rakyat yaitu Pasar desa. Melalui progaram PISEW program Infrastruktur Ekonomi Wilayah dengan anggaran sebesar Rp600,000.000 (Enam Ratus Juta Rupiah) yang di usulkan oleh 3 desa penerima manfaat langsung .

“Dengan adanya peningkatan perbaikan sarana pasar akan menjadi pusat ritel di kawasan tiga desa tersebut, secara khusus dan secara umum di kecamatan laeya. Sehingga putaran ekonomi rakyat makin bersemarak,” Lanjutnya.

Pasar desa tersebut ialah pasar desa ambesea, yang juga pengusulannya di motori tokoh masyarakat setempat, Asnawi Taridala. Pasar Desa Ambesea berada sangat strategis dipersimpangan Tiga torobulu dan kolono, sehingga untuk melayani kebutuhan ekonomi sehari. Mengingat, masyarakat sekitar pasar memiliki peran sangat penting dengan adanya pembenahan sarana pasar desa ambesea juga akan menjadi magnet baru bagi pelaku usaha ekonomi kecil menengah.

“Terima kasih pak Ridwan Bae, sebagai ketua Komisi V DPR RI, engkau telah menginspirasi dengan semangat hidup baru untuk banyak rakyat sebagai penerima bantuan,” Pungkas, Asnawi Taridala. (B)

Laporan: Julianto
Editor: M. Sahrul

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.