HUT Konsel Ke 17 Tahun Dialihkan Pembagian Ribuan Paket Sembako

HUT KONSEL - Dirgahayu Konsel ke 17 Tahun dilaksanakan berlangsung sederhana di Halaman Upacara Kantor Bupati, Andoolo (Sabtu, 2 Mei 2020).

[responsivevoice_button rate=”1″ pitch=”0.8″ volume=”0.9″ voice=”Indonesian Male” buttontext=”Klick Bacakan Teks Berita“]
Konawe Selatan, Rakyatpostonline.com – Sesuai Undang – Undang No 4 tahun 2003 pertanggal 25 Februari 2003, merupakan tonggak sejarah pembentukan Kabupaten Konawe Selatan, sebagai salah satu Kabupaten di Wilayah Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), pemekaran dari induknya Daerah Tingkat II Kendari.

Tepatnya pada 2 Mei 2003, Konsel diresmikan oleh Menteri Dalam Negeri sebagai daerah otonom baru, ditandai dengan pengangkatan Pejabat untuk memimpin wilayah itu.

Sejatinya hari ini, Pemerintah Daerah (Pemda) Konsel memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) yang genap berusia 17 Tahun tersebut dengan menggelar acara seremonial seperti biasanya, termasuk kegiatan-kegiatan lainnya untuk menyemarakkan suasana.

Namun, ada yang berbeda pada peringatan kali ini, karena turut prihatin akibat pandemi corona yang telah ditetapkan Pemerintah sebagai bencana nasional, Bupati Konawe Selatan, H. Surunuddin Dangga memutuskan meniadakan kegiatan seremonial.

Acara peringatan hari lahirnya Konsel, diganti dengan pembagian paket sembako. Tercatat 12.541 Kepala Keluarga (KK) terdampak covid-19 mendapatkan bantuan yang diserahkan langsung Bupati Konsel secara simbolik di Halaman Upacara Kantor Bupati, Andoolo (Sabtu, 2 Mei 2020).

Ribuan paket yang diterima masing-masing perwakilan warga, berasal dari lima kecamatan, diantaranya 2009 KK asal Kecamatan Andoolo, 2226 KK dari Lalembuu, Laeya 3218 KK, Ranomeeto 3244 KK, dan 1844 KK dari Kec Ranomeeto Barat.

“Bentuk keprihatinan ditengah pandemi corona, peringatan seremonial HUT ke-17 Konsel di tiadakan, kita ganti dengan pembagian sembako dengan harapan meringankan beban warga yang terdampak, khususnya masyarakat kurang mampu,” ujar Bupati Konsel, Surunuddin Dangga pada acara sederhana peringatan HUT-17 Konsel yang dirangkaikan dengan peringatan Hardiknas 2020, sekaligus penyerahan sembako.

Dikatakannya, adanya pandemi, sebagian besar masyarakat konsel merasa terpukul, khususnya bermata pencaharian bertani disebabkan sulit memasarkan hasil pertaniannya. “Untuk itu dengan bantuan sembako bisa membantu meringankan beban hidup mereka,” tutur Surunuddin.

Peringatan biasanya kita adakan berbagai kegiatan, jelasnya, tapi kali ini kita adakan sesederhana mungkin dengan menerapkan physical distancing dan diisi kegiatan sosial, namun tetap hikmat.” Dengan tak lupa mendoakan para pendiri daerah dalam memperjuangkan berdirinya wilayah Konsel secara otonom,” imbuhnya.

Dikesempatan itu juga, ia menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak, yang telah bersama-sama bekerjasama memberikan pemahaman dan pencegahan kemasyarakat terkait penularan covid-19.

Selain itu, Surunuddin mengatakan bahwa paket sembako akan terus disalurkan dengan target kelar di pertengahan bulan ramadhan, agar masyarakat bisa menjalankan ibadah dengan tenang.

“Hingga kini, telah distribusikan paket sembako di 15 Kecamatan, sisa 10 Kecamatan lagi, dan masih kita siapkan ribuan paket sembako lagi, tinggal menunggu data akurat dari Desa-Desa dan pihak terkait. Di upayakan pertengahan ramadhan selesai disalurkan,” tandasnya.

Untuk diketahui, kegiatan di hadiri Wakil Bupati Konsel, H. Arsalim Arifin, Sekretaris Daerah, H. Sjarif Sajang, Kapolres, AKBP Dedy Adriyanto, Kajari Konsel, Aprilliana Purba, Ketua DPRD, Irham Kalenggo, Ketua TP-PKK Konsel, Hj. Nurlin Surunuddin, Ketua DWP, Hj. Ariyati Sjarif dan sejumlah pimpinan OPD. (*Pemda Konsel)

Laporan: Sultan/Dedi
Publisher: M. Sahrul

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *