https://rakyatpostonline.com/wp-content/uploads/2022/06/WhatsApp-Image-2022-06-23-at-16.55.06-3.jpeg

DPRD Konut Dituntut Berperan Menangani Covid-19, Bukan Ikut Karantina Diri !

Iqbal, S.Kom.


Konawe Utara, Rakyatpostonline.com – Iqbal, S.Kom, Sekertaris DPC Partai Bulan Bintang (PBB) Kabupaten Konawe Utara, mengutarakan peran anggota DPRD kabupaten konawe utara dalam penanganan virus Corona atau Covid-19. Salah satu yang bisa dilakukan yakni mendorong optimalisasi dan mengawasi sterilisasi ikut berperan membantu pemda konut dalam upaya menjaga dan berkoordinasi pada titik area obyek vital yang sudah menjadi target utama pemda bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).

“Kami meminta kepada DPRD kabupaten konawe utara untuk terlibat dalam penanganan Covid-19. Peran mereka sangat dibutuhkan supaya wabah Covid-19 dapat segera teratasi. Namun yang terjadi hari ini adalah tidak munculnya sebagian besar para anggota DPRD Konut. Dikala sedang terjadi wabah besar di negeri ini, hanya sebagian persen saja ikut serta di tengah masyarakat,” keluh, Iqbal, S.Kom, saat ditemui media Rakyat Post, Sabtu (4/4/2020).

Meski berbagai langkah dan kebijakan telah dikeluarkan oleh pemerintah daerah dalam menanggulangi kasus ini, kata sekretaris DPC Partai Bulan Bintang (PBB) Kabupaten Konawe Utara itu, terus mendorong dan mendukung berbagai langkah dan kebijakan tersebut.

“Mendesak DPRD Konut untuk peduli terhadap pencegahan Covid-19 dengan melibatkan diri pada gugus pencegahan,  bukan terkesan hilang tanpa jejak para anggota DPRD, atau menyelamatkan dan mengkarantina diri sendiri. Bahwa ini soal rakyat, maka diharapkan DPRD menjadi garda terdepan,” Imbuhnya.

Terlebih konawe utara menjadi salah satu daerah yang menjadi daerah area perusahaan tambang terbesar di Sultra, yang tentunya memperkerjakan banyak orang dalam satu perusahaan. Peran serta anggota DPRD Konut disinilah tentunya diuji, sampai dimana kemampuan anggota dewan kita saat ini.

“Harus menjadi perhatian khusus kita semua dari berbagai elemen masyarakat dan pemerintahan supaya lebih waspada terhadap penularannya wabah Virus Corona,” ujarnya.

Tetapi, kata Iqbal, langkah dan kebijakan dan peran serta DPRD Konut harus mampu mengawasi dan memastikan keputusan-keputusan yang diambil itu tepat sasaran dan dirasakan dampaknya oleh masyarakat. Peran pemerintah dan semua pihak dalam penanganan wabah ini sangat diperlukan tidak hanya solusi tetapi juga memberikan rasa aman dan nyaman.

“Dampak nyata dari wabah virus corona yang saat ini terjadi adalah disektor ekonomi, karena hampir dari semua masyarakat merasakannya,” Tandasnya.

Selain dari sektor ekonomi salah satu dampak sosial, imbauan untuk menjaga kesehatan. Secara kelembagaan DPRD mempunyai peran yang sangat strategis dalam menanggulangi virus tersebut.

“Hadirnya seorang anggota dewan di tengah-tengah masyarakat itu yang sangat kami harapkan, bantuan – bantuan moral dan materil terhadap masyarakat konut saat ini, saya juga mengapresiasi gerak cepat Bupati Konawe Utara, Pak. H. Ruksamin bersama Kapolres Konawe Utara, AKBP. Achmad Fathul Ulum, atas kinerja terjun langsung ke tengah masyarakat, serta beberapa anggota DPRD Konut. Atas kerja keras pantang menyerah melindungi rakyat dari Covid 19,” Sanjungnya.

Lanjut, Iqbal, juga berharap kepada anggota DPRD untuk memastikan di jajaran birokrasi pemerintah lebih solid dan tidak saling mengandalkan. “Kami menekankan kepada DPRD Konut agar seluruh keputusan yang diambil pemerintah bisa diterima oleh berbagai aspek dan berdampak baik bagi masyarakat dan bukan kepentingan kelompok, namun harus kepentingan orang banyak,” Bebernya. (*)

(Rakyatpostonline.com/ Syaifuddin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *