https://rakyatpostonline.com/wp-content/uploads/2022/06/WhatsApp-Image-2022-06-23-at-16.55.06-3.jpeg

Pemda Konut Gerak Cepat, Angin Puting Beliung Porak Porandakan Rumah Warga Desa Landawe

ANGIN PUTING BELIUNG | Kondisi Rumah saudara ajis, hancur porak poranda akibat hantaman angin puting beliung di desa landawe utama, kecamatan landawe, konut, sabtu (21/03/2020). (Foto. Syaifuddin/Rakyatpostonline.com).


Konawe Utara, Rakyatpostonline.com – Angin puting beliung memporak-porandakan kediaman seorang warga di Desa Landawe Utama, Kecamatan Landawe, Kabupaten Konawe Utara (Konut). Sasaran kali ini dirasakan Ajis, pemilik rumah yang dirusak karena hantaman angin puting beliung, Sabtu, (21/03/2020).

Mendengar informasi itu, Bupati Konawe Utara, H. Ruksamin, memerintahkan, Rahmatullah, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Konut, Melalui Kepala Bidang Kedaruratan, Djasmiddin mengatakan angin kencang sebelum disertai hujan, intensitas kini melanda kediaman seorang warga, sekitar pukul 19.00 Wita. Kondisi ini membuat 1 unit rumah rusak parah akibat diterjang angin puting beliung.

“Kami langsung terjun ke lapangan. Membantu pemilik rumah, untuk melakukan survey lapangan, guna menyambungkan tali asih, Angin bertiup kencang disertai dengan Guntur dan petir, sekira 15.30 Wita. Pada saat bersamaan angin kencang menghantam rumah Ajis hingga rubuh,” Ungkap Djasmidin.

Ia menambahkan saat kejadian, angin yang kencang mampu menerbangkan atap rumah warga dan sejumlah sisi bangunan lainnya, hancur jatuh membentang ketanah bangunan.

Diketahui, sebelum tim BPBD Konut turun kelokasi kejadian, Kepala Desa Landawe Utama, Basrun bersama Camat Landawe, hadir pada lokasi kejadian yang kemudian camat Landawe langsung melaporkan kejadian tersebut kepada bupati Konawe Utara. H. Ruksamin dengan sigap, langsung menghubungi BPBD Konawe Utara (Konut) ikut melalui Kabid Kedaruratan untuk turun langsung ke lokasi kejadian. Tepat pada pukul 19.00 Wita.
Sabtu (21/03/2020).

“Usai menerima perintah kepada bapak Bupati, Kami langsung terjun ke lapangan. Membantu warga serta langsung mensurfei kerugian pemilik rumah. Dimana ada satu unit rumah warga yang terdampak menjadi korban, dengan rumah yang rusak parah, sehingga warga yang terdampak saat ini harus mengungsi di rumah sanak keluarganya,” Papar Djasmiddin, kepada media Rakyat Post.

Kami dari bidang kedaruratan BPBD Konut berada di tempat kejadian, Lanjut Djasmiddin, langsung mengambil keterangan pemilik rumah dan kepala desa setempat, dari hasil pendataan, melaporkan kepada bupati konawe utara, Bapak H. Ruksamin.

“Untuk korban jiwa akibat dari angin kencang tersebut kita bersyukur tidak ada. Hanya saja rumah warga. Dengan kondisi saat ini terutama rumah yang rusak berat kita tentu menindak lanjuti untuk agar kiranya cepat tertangani, dengan membuat laporan atas kejadian ini,” Tutup Djasmidin.

Hancurnya 1 unit rumah semi permanen, Akibat hantaman angin puting beliung. Ajis mengalami Kerugian terinci,: Bangunan induk ukurang 5m x 6m, Teras ukuran : 2m x 4m, F. Bahan bangunan: kayu dan atap seng, Ditaksir
Rp. 35 juta. (*)

(Rakyatpostonline.com/ Syaifuddin/ Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *