https://rakyatpostonline.com/wp-content/uploads/2022/06/WhatsApp-Image-2022-06-23-at-16.55.06-3.jpeg

Kwarra Kelurahan Wanggudu Turut Andil Sukseskan ‘Perkemahan Tanggap Bencana’

PERKEMAHAN TANGGAP BENCANA - Kwartir Ranting (Kwarra) Kelurahan Wanggudu, Kecamatan Asera, Kab. Konawe Utara (Konut). Jum'at (13/3/2020). (Rul/Rakyatpostonline.com)


Konawe Utara, Rakyatpostonline.com – Kwartir Ranting (Kwarra) Kelurahan Wanggudu, Kecamatan Asera, Konawe Utara (Konut), turut mengambil andil melaksanakan pramuka eksekutif yang diselenggarakan oleh pemkab konut, Jum’at (13/3/2020).

Lurah Wanggudu, Hasannudin, S.Si mengatakan perkemahan eksekutif ‘Tanggap Bencana’ diselenggarakan agar dapat melaksanakan tugas dan fungsi Pramuka dalam hal bentuk inovasi gugus depan, serta turut mengambil andil dalam mensukseskan Gerakan Pramuka, untuk mewujudkan kegiatan yang bersifat pengabdian dan bakti kepada masyarakat, yang dikemas dalam bentuk perkemahan eksekutif pemkab konut saat ini yang telah usai diresmikan.

“Gerakan pramuka juga diharapkan menjadi garda terdepan dalam pembentukan karakter generasi muda. Dalam melaksanakan prinsip dasar kepramukaan, metode kepramukaan, dan motto gerakan pramuka yakni ‘Satyaku Kudarmakan, Darmaku Kubaktikan’ serta membahas hal-hal penting yang berkaitan dengan pengembangan dan peningkatan kualitas Pramuka,” Papar Hasannudin, Lurah Wanggudu.

Pada kesempatan tersebut, ia juga mengajak seluruh anggota pramuka di wilayah Kelurahan Wanggudu, terkhusus peserta kegiatan untuk ‘Tanggap Bencana’ berkarya, berbagi informasi, meningkatkan wawasan pengetahuan dan keterampilan, guna menjadikan generasi muda sebagai harapan Bangsa dan Negara di masa yang akan datang.

“Untuk itu, peramuka kali ini di kemas pemkab konut, tanggap dari segala hal yang mengarah kebencana alam, dibentuk menjadi kelurahan/desa tangguh bencana, sehingga mempunyai kapasitas lebih menghadapi ancaman bencana yang ada dimasing-masing wilayah, menjadi pelopor, menggegam solidaritas, bahu membahu, dan tanggap segala hal. Saat ini di utamakan mulai dari keluarga, dan lingkungan bermasyarakat,” ucapnya.

Kegiatan pramuka eksekutif yang telah diresmikan oleh Prof. Dr. Jana Tjahjana Anggadiredja, mewakili, Budi Waseso, Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka, kali ini berlangsung selama 3 (Tiga) hari mulai tanggal 13 hingga 15 Maret 2020.

Diketahui Kwartir Ranting Kelurahan Wanggudu, membawai peserta pramuka total 20 orang. Persiapan telah rampung dilaksanakan mencapai 95 persen. Hasanuddin, turut mensuport pemerintah kabupaten konawe utara, yang telah memberikan trobosan perkemahan berorientasi Tanggap Bencana tahun 2020. Melalui Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB), Desa Tangguh Bencana (DESTANA) dan Keluarga Tangguh Bencana (KATANA).

“Kelurahan yang memiliki kemampuan mandiri untuk beradaptasi dan menghadapi ancaman bencana, serta memulihkan diri dengan segera dari dampak bencana yang merugikan, jika terkena bencana. Hal ini lah yang harus kita tanggap bersama pemkab konut,” Tutup Hasannudin, S.Si.*

(Rakyatpostonline.com/ M.Sahrul/ Syaifuddin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *