Asah Bakat Siswa, SMAN 1 Asera Gelar Porseni Antar Kelas

Barisan defile oleh masing-masing kelas pada pelaksanaan Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) SMA Negeri 1 Asera.

[responsivevoice_button voice=”Indonesian Female” buttontext=”Baca Teks Berita“]
Konawe Utara, Rakyatpostonline.com – Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Asera, Kabupaten Konawe Utara (Konut) Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) bagi siswa-siswi di lingkungan sekolah. Kegiatan ini dilaksanakan usai melaksanakan ulangan semester ganjil tahun pelajaran 2020/2021.

Upacara pembukaan dimulai Sabtu (18/12/2021) melalui barisan defile oleh masing-masing kelas, star di jalan poros area masuk hingga finis ke lapangan sekolah, dipimpin oleh Kepala SMAN 1 Asera, yang dilanjutkan dengan tarian kolosal.

Kepala Sekolah SMAN 1 Asera, Samsuddin, S.Pd, mengatakan, bahwa kegiatan ini merupakan ajang perlombaan antar kelas yang dilakukan sebagai salah satu sarana mengasah bakat para siswa-siswi paska usai pelaksanaan ulangan semester sekolah.

“Pekan olahraga dan seni rutin dilaksanakan pasca ujian semester sebagai ajang untuk menyalurkan minat, bakat dan prestasi untuk dikembangkan dalam kegiatan-kegiatan yang lebih besar lagi kedepannya. Melalui pegelaran inilah bakat terpendam siswa dapat terlihat,” katanya.

Foto bersama Dewan Guru SMAN 1 Asera usai membuka resmi Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) 2021.

Porseni diikuti seluruh siswa-siswi kelas X hingga kelas XII, jenis perlombaan olahraga bola volly, sepak takraw, bola basket, futsal dan bola gotong. Sedangkan dalam bidang seni yakni, lagu solo, pop dan lagu daerah.

“Selain mengasa bakat, Porseni ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mempererat hubungan antara siswa-siswi, baik senior maupun junior, serta guru dan para staf yang ada disekolah, sehingga murid di sekolah SMAN 1 Asera tidak merasa enggan dengan Dewan guru,” Jelasnya.

Tidak hanya itu kata Samsuddin, tahun ini baru dilaksanakan kegiatan porseni, sebab dua tahun berlalu tidak terlaksana akibat pandemi Covid-19.
Lomba ini sesuai tema yang diangkat yaitu “Membangun Kreatifitas Semangat Olahraga dan Seni Dengan Menumbuhkan Bakat Siswa yang Terpendam di Musim Pandemi Covid-19″.

“Selain itu penggenjotan vaksinasi untuk siswa-siswi. Alhamdulillah, sudah mencakup 97 persen, semua ini berkat sinergi pemerintah daerah, kelurahan wanggudu bersama TNI dan Polri. Jumlah murid hadir melaksanakan porseni 500 orang lebih, sebagiannya kita tidak ikutkan dari 3 persennya, karena belum divaksinasi covid-19,” Imbuh, Samsuddin.

Sementara itu, Lurah Wanggudu, Hasanuddin, S.Si, mengatakan, peningkatkan mutu pendidikan perlu adanya strategi yang tepat selain mutu pembelajaran, adapula salah satu kegiatan yang dilaksanakan oleh pengurus Osis yakni pekan olahraga dan seni atau biasa disebut dengan Porseni.

Kepala Sekolah SMAN 1 Asera, Samsuddin, S.Pd bersama Lurah Wanggudu, Hasanuddin, S.Si saat di wawancara Rakyat Post.

“Kegiatan ini merupakan sebuah wadah dimana pihak sekolah dapat menyalurkan minat, bakat dan hobi khusunya bagi siswa. Dalam lingkup sekolah Porseni biasanya dilaksanakan setiap tahunnya setelah semester. Dimana Kegiatan yang dilaksanakan adalah mencakup kegiatan olahraga Dan Seni,” Paparnya.

Lebih lanjut, Hasanuddin mengutarakan, bahwa yang mendasari di adakannya Porseni yaitu untuk meningkatkan silaturahmi dan jiwa sportivitas para siswa. Pihaknya selaku lurah Wanggudu dan orang tua murid mensupport kegiatan yang telah dilaksanakan pihak kepala sekolah, mengingat konawe utara daerah level satu covid-19 di Sultra.

”Porseni ini jelas untuk menjalani hubungan baik siswa dan bagaimana silaturahmi tetap terjaga, serta mampu meningkatkan jiwa sprotivitas terutama dalam hal pertandingan. Dan kami selaku pemerintah sekaligus orang tua murid terus sinergi mendukung pihak sekolah menyelenggarakan kegiatan lomba seperti ini, agar siswa tidak menghabiskan waktunya diluar sana menghindari tindakan negatif,” pungkas, hasanuddin kepada rakyat post. (**)


 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Dilarang Copy Paste. Hargai Karya Orang Lain Boss!