Setelah Wayong, Digitalisasi Bakal Diterapkan di Pasar Lapulu

Kolaborasi antara Kadin, BI Sultra dan Perumda Pasar Kota Kendari melalui optimalisasi di Pasar Lapulu sebagai langkah perluasan ekosistem QRIS.

Kendari, Rakyatpostonline.com – Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Sultra, Bank Indonesia dan Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Pasar Kota Kendari, beberapa wakui lalu telah sukses menerapkan digitalisasi di Pasar Wayong.

Kini penerapan digitalisasi tersebut dilakukan di Pasar Lapulu, dengan sasaran berbasis Quick Response Code Indonesian Standar (QRIS). Kadin mulai lirik pasar tersebut guna meningkatkan transaksi non tunai.

Gerakan QRIS di pasar Lapulu bakal dihadiri langsung Direktur Departemen Regional Naek Tigor Sinaga dan Direktur Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran Bank Indonesia R. Moh.Dudi Dermawan.

Kolaborasi antara Kadin, BI Sultra dan Perumda Pasar Kota Kendari melalui optimalisasi di Pasar Lapulu sebagai langkah perluasan ekosistem QRIS pada pedagang dan pembeli, sehingga diharapkan makin meningkatkan transaksi QRIS utamanya di pasar tradisional.

Wakil Ketua Umum (Waketum) Kadin Sultra, Sastra Alamsyah menjelaskan pihaknya terus mendorong penerapan digitalisasi di pasar tradisional. Hal ini sebagai bentuk komitmen Kadin untuk mendorong pelaku usaha agar penerapan pembayaran non tunai dapat terealisasi.

“Kami terus mendorong penerapan pembayaran transaksi non tunai di pasar tradisional Kota Kendari,” kata Sastra Alamsyah Kamis (15/92023) kemarin.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sulawesi Tenggara (Sultra), Doni Septadijaya menegaskan bahwa pihaknya mendukung penuh apa yang dilakukan Kadin dan Perumda Pasar Kota Kendari terkait Optimalisasi QRIS di pasar tradisional.

Di tempat yang sama, Direktur Umum Perumda Pasar Kota Kendari, Saipuddin mengatakan, pihaknya sangat terbantu dengan banyaknya pihak yang terlibat dan membatu penerapan QRIS tersebut.

“Kami sangat terbantu dengan banyak yang terlibat pada gerakan bersama penerapan QRIS di pasar tradisional,” kata Saipuddin. (**)


Laporan: Syaifuddin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *