Kapolres Konut Terima Aspirasi Masyarakat dalam Program Jumat Curhat


Konawe Utara, Rakyatpostonline.Com – Kapolres Konawe Utara (Konut), AKBP Priyo Utomo, S.H., S.I.K, hadir dalam Program Jumat Curhat dan Ngopi Bareng, di kediaman Kepala Desa (Kades) Puuwanggudu, Kecamatan Asera, Jumat (13/1/2023).

Selain Kapolres, hadir dalam kegiatan ini, Wakapolres, Kompol Bayu Laras Tutuka, S.I.K, para PJU Polres Konut, Kades Puuwanggudu, Jumran Amin, tokoh masyarakat Puuwanggudu, tokoh masyarakat Wanggudu Raya, tokoh masyarakat Wunduhaka, serta warga sekira 50 orang.

Kapolres dalam kegiatan ini, menerima banyak pertanyaan dan keluhan tokoh masyarakat, antara lain terkait realisasi pembangunan bendungan yang ambruk pasca banjir tahun 2019.

Kemudian ada tokoh masyarakat yang memerlukan bantuan bibit kelapa sawit, karena masih banyak lahan tidur yang harus dimanfaatkan untuk berkebun dan membantu kesejahteraan masyarakat.

Kapolres Konut juga diharapkan bisa membantu pengadaan sarana olahraga sepak takraw dan bola voli, serta bantuan majelis taklim. Keluhan lain persoalan batas Kecamatan Andowia dan Asera.

Lalu disampaikan, masyarakat sangat antusias jika ada pembukaan pendaftaran TNI Polri, agar pendaftaran selalu disosialisasikan dan dibuka pembinaan sehingga para pemuda siap untuk mendaftarkan diri.

Kapolres kemudian menjawab satu-persatu pertanyaan dan keluhan masyarakat. Mengenai pembangunan bendungan akan disampaikan kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe agar segera direalisasikan, namun disisi lain kita bersama-sama menjaga kebersihan dan memiliki kepedulian terhadap lingkungan.

Mengenai bibit sawit, Kapolres juga mengaku akan menyampaikan kepada pemerintah dalam forum Forkopimda, segera merespon permintaan masyarakat, sehingga warga yang memiliki lahan dapat dimanfaatkan menjadi produktif.

Kemudian bendungan maupun tanggul juga dianggap penting untuk segera direalisasikan, sehingga mampu berfungsi untuk menahan banjir, petani bisa menanam padi dengan baik.


Mengenai lahan pemakaman akan disampaikan agar pemerintah merealisasikan lahan khusus untuk itu. Lalu batas kedua kecamatan akan disampaikan juga, sehingga permasalahan ini tidak berlarut-larut dan dapat diselesaikan secepat mungkin.

“Kepada warga saya sampaikan, tetap jaga Kamtibmas yang kondusif, hindari provokasi dari pihak lain dan percayakan kepada Polres Konut untuk dapat menjembatani permasalahan ini dengan baik,” ungkap Kapolres.

Selain aspirasi yang bakal disampaikan kepada pihak Pemkab Konut, Kapolres juga menjawab berbagai keluhan tokoh masyarakat secara langsung.

Pertama mengenai pelayanan SIM, Polres Konut sejak seminggu lalu telah membuka pelayanan. Kedepannya akan diadakan pelayanan SIM keliling. Kepolisian akan memberikan edukasi dan mempermudah pelayanan bagi masyarakat.

“Manfaatkan pelayanan ini untuk membuat SIM, bagian dari kelengkapan setiap orang saat berkendara, jangan sampai sudah memenuhi syarat membuat SIM namun masih ada yang tidak membuat SIM sehingga nantinya akan ditindak dengan diberikan surat tilang,” ujarnya.

Polres Konut juga memiliki program olahraga Kamtibmas, manfaatnya akan dirasakan oleh masyarakat Insya Allah melalui program tersebut akan direalisasikan secara bertahap.

“Bagi pemuda-pemudi akan dibimbing dan dibina baik fisik dan lain-lain, sehingga saat pendaftaran mereka sudah siap,” tambah Kapolres.

Dikatakan, setiap permasalahan wajib dikomunikasikan dan diselesaikan dalam forum diskusi dan musyawarah. Jika menemui Isu yang belum jelas kebenarannya agar dicek terlebih dahulu agar tidak menimbulkan permasalahan baru yang dapat merugikan masyarakat.

“Untuk semuanya, mari bersama kita ciptakan Kamtibmas yang kondusif,” tutup Kapolres Konut.


Laporan : Syaifuddin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *