Anggota PPK Konut Baru Dilantik, Ditekan Junjung Tinggi Asas Penyelenggara Pemilu


Konawe Utara, Rakyatpostonline.Com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Konawe Utara (Konut), melantik 65 anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), di Aula Hotel Oheo, Rabu (4/1/2023).

Ketua KPU Konut, Sawal Sumarata dalam sambutannya mengatakan, PPK ini dilantik, demi menyambut pemilihan umum (Pemilu) tahun 2024 mendatang.

Ia mengingatkan kepada PPK agar dalam bekerja, senantiasa berpegang teguh pada asas penyelenggara Pemilu yakni menjaga integritas, moralitas, serta profesionalisme.

“PKK juga dituntut melayani pemilih dan peserta Pemilu dengan adil dan setara,” terangnya.

Sementara itu, Wakil Bupati (Wabup) Konut, H Abuhaera dalam sambutanya menegaskan bahwa Pemilu bukan ajang konflik. Oleh karena itu sebagai PPK, harus mengawal pesta ini agar jauh dari perselisihan yang bisa merusak nilai-nilai demokrasi.

Abuhaera menambahkan, Indonesia memilih cara demokrasi dengan tujuan untuk mensejahterakan masyarakatnya. Hal ini harus didorong bersama-sama agar pelaksanaannya sesuai koridor.

Ia meminta kepada PKK, ketika nanti menangani persoalan atau konflik, harus kembali kepada aturan, pedoman, kode etik dan filosofi demokrasi, sehingga keputusan yang diambil sesuai dengan standar kebenaran menurut regulasi.

“Karena ketika kita benar, belum tentu orang akan membenarkan kita, sehingga jangan sampai muncul konflik, kejengkelan, apalagi sampai anarkis. Kalau sudah anarkis, ini merusak sistem, merusak apa yang menjadi nilai-nilai demokrasi,” tegasnya.


Laporan : Din

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *