https://rakyatpostonline.com/wp-content/uploads/2022/06/WhatsApp-Image-2022-06-23-at-16.55.06-3.jpeg

Atasi Kesulitan Air Bersih Desa Watumeeto, Rusli Bangun 21 Unit Sumur Untuk Warga

DESAKU MEMBANGUN - Proses Pembangunan Sumur Tanah Dalam (STD) Volume 21 Unit Melalui Dana Desa APBN Tahun 2020. Rabu (13/05/2020). (Sultan/Rakyatpostonline.com)


Konawe Selatan, Rakyatpostonline.com – Desa Watumeeto, Kecamatan Lainea, Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) Sulawesi Tenggara (Sultra) dibawah kepemimpinan Kades, Rusli terus menggeliat menata wajah desa mereka dengan pembangunan Infrastruktur desa serta sarana dan prasaran desa, dari realisasi Dana Desa APBN Tahun 2020.

Menurut Aco Solar, sapaan akrabnya bahwa untuk realisasi Dana Desa Tahun 2020 ini fokus di pembangunan jaringan air bersih hal ini di lakukan untuk mengatasi masalah air bersih khususnya di desa Watuu meeto yang saya pimpin ini.

“Sebelum dimulainya pembangunan Sumur dalam di desa ini, pemdes Watumeeto bersama warga melakukan peninjaun titik nol lokasi mata air pembangunan saluran air bersih, yang di saksikan oleh para perangkat Desa, TPK, LPM, BPD dan seluruh elemen masyarakat sangat sepakat dengan pembangunan Saluran Air Bersih ini (SAB),” Papar, Kades Watumeeto, Rusli saat diwawancarai wartawan di kegiatan pembangunan Sumur dalam, pada Rabu (13/05/2020)

Kepala Desa yang baru dilantik oleh bupati konsel ini, juga menjelaskan bahwa tahun ini masih memprioritaskan pembangunan sarana dan prasarana dan infrastruktur masih di butuhkan masyarakat, sesuai papan Proyek yang terpasang adalah Program dana desa tahun Anggaran 2020 yaitu jenis pekerjaan pembangunan Sumur Tanah Dalam (STD) Volume 21 Unit, biaya Rp536.855.560,- operasional TPK Rp21.474.440. Kegiatan ini dikelola oleh Tim Pengelola Kegiatan (TPK).

“Dengan dibangunnya saluran air bersih bagi masyarakat, tentunya program ini sangat membantu kebutuhan pokok masyarakat sehari-sahari, sebab air merupakan sumber kehidupan manusi. Tanpa air tentu manusia tak akan bisa bertahan hidup,” bebernya.

Program Pembangunan Sumur Tanah Dalam sesuai APBDes Desa Watumeeto, dan ini merupakan hasil kesepakatan bersama oleh masyakat, dan atas permintaan masyarakat itu sendiri melalui beberapa tahapan, baik dimulai dari perencanaan, Musrembangdesa, musdus, sampai tahap pelaksanaannya, sebab desa ini memang betul-betul sangat membutuhkan air bersih, karena disini air sangat susah.

“Perlu di ketahui bahwa sebelum saya jadi kepala desa, saya selalu membantu masyarakat mengantarkan air bersih kerumah-rumah warga, itu rutin kami lakukan, dan ini murni, pribadi saya lakukan untuk membantu masyarakat meringankan beban masyarakat dalam kebutuhan air bersihnya sehari-hari,” Tambahnya.

Selain itu, di tengah Pandemi Mewabahnya Virus Corona atau yang sering disebut Covid-19, agar masyarakat tetap selalu dengarkan himbuan pemerintah, agar bisa bersama-sama memutus mata rantai penyebaran covid-19. (B)

Laporan: Sultan Bakri
Editor: M. Sahrul

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *