Ruksamin Tepis Tudingan Kepemimpinannya Bukan Pakuli Biri

Bupati Konawe Utara, H. Ruksamin Saat Memberikan Sambutannya di Depan Peserta Jalan Sehat Konasara. Minggu (19/1/2020) (M. Sahrul/Rakyatpostonline.com)

[responsivevoice_button voice=”Indonesian Male” buttontext=”Klick Bacakan Berita“]

Konawe Utara, Rakyatpostonline.com – Bupati Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara (Sultra), Ruksamin dengan tegas menyatakan, sebagai kepala pemerintah diwilayah itu dirinya terus bekerja memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat dan daerah tanpa tebang pilih.

Cetusan itu disampaikan terkait adanya informasi beredar yang dihembuskan oknum tak bertanggung jawab dilingkungan masyarakat dan media sosial (medsos) jika program kerja yang dilaksanakan semasa kepemimpinannya saat ini bersama Wakil Bupati Konut, Raup hanya pembohongan dan janji-janji tanpa bukti.

Dikatakan, sejak diberikan amanah oleh masyarakat dirinya bersama seluruh perangkat Organisasi Pimpinan Daerah (OPD) hingga ketingkat bawah terus berupaya keras untuk memberikan perubahan dan kemajuan pelayanan baik ditataran pemerintahan, daerah dan masyarakat.

“Ruksamin terus berikan pelayanan sekuat tenaga kepada masyarakat, bukan pakuli biri (obat telinga), bukan owuti (kebohongan) tapi kerja nyata yang saya berikan,”tegasnya dengan nada tinggi saat memberikan sambutan dalam kegiatan jalan santai sebagai rangkaian HUT Konut ke 13 yang berlangsung dipelataran kantor Bupati Konut, Minggu (19/1/2020).

Mantan Ketua DPRD Konut menguraikan, 3 tahun lebih masa kepemimpinannya saat ini telah berhasil melepas daerah Bumi Oheo itu dari keterpurukan anggaran dan temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) hingga akhirnya meraih Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) 2 kali berturut-turut.

Dari hasil itu, Konut dinobatkan sebagai peringkat pertama serapan anggaran terbaik se-Sultra, serta mendapat penambahan APBD tiap tahun dari Rp 700 miliyar, naik Rp 800 miliyar hingga Rp 900 miliyar lebih di 2020 ini dan memperoleh reword dari Pemerintah Pusat sebesar Rp 31miliyar, juga silva Rp 20 miliyar.

Sedangkan bidang pendidikan, pihaknya terus mengalokasikan beasiswa puluhan miliyar untuk 1.692 mahasiswa yang tengah bersekolah dibangku perkuliahan tersebar di 66 perguruan tinggi dan 59 jurusan, serta membangun kerjasama di Universitas Lakidende untuk 20 orang mahasiswa lokal tiap tahun dibidang pertanian dan agro industri, dan beasiswa kedokteran untuk 10 orang di Tiongkok China. Tak hanya itu peningkatan SDM gratis untuk 100 orang tenaga pendidik pun juga dijalankan dengan bekerjasama oleh pihak Unversitas Terbuka Kedari.

Sementara dibidang Kesehatan, Lanjut Ruksamin, bersama Dinas Kesehatan terus meningkatkan pelayanan dan jaminan kesehatan gratis melalui kerjasama Badan Penyelenggaran Jaminan Sosial (BPJS) untuk 26 ribu masyarakat setempat dengan biyaya sekira Rp 8 miliyar. Di 2020 ini juga pihaknya menerapkan metode pelayanan langsung dari rumah ke rumah sehingga pelayanan lebih maksimal, cepat tertangani dan tidak menyulitkan masyarakat.

“Program ini kami jalankan tiap tahunnya dan memberikan gratis untuk masyarakat dan generasi penerus kita, semua ditanggung oleh pemerintah. Jika masih ada yang kurang memuaskan mari kita dudukan bersama-sama agar berjalan baik bukan saling menjatuhkan,”ujarnya.

Dia menambahkan, pada program bantuan bedah rumah masyarakat miskin melalui Dinas Perwaskim Konut juga terus dilaksakanan dengan membangun kerjasama ke Pemerintah Pusat. Tercatat, sejak 2017 hingga memasuki 2020 ini sebanyak 1.375 unit bantuan disalurukan dengan anggaran mencapai puluhan miliyar. Dan untuk peningkatan infrastruktur jalan, mulai jalan umum, perikanan, ekonomi terus dilaksanakan tiap tahunnya dengan panjang masing-masing 20 kilometer.

“Bantuan fasilitas peningkatan kesejatraan masyarakat di bidang perikanan, perkebunan, pertanian dan pariwisata juga terus di kembangkan tiap tahunnya. Kami sebagai pemerintah terus menjembatani tinggal masyarakat lah yang manfaatkan dan kembangkan. Saya bekerja tidak ada tendensi politik. Saya harapkan kita selalu bersatu dalam satu warna, warna konasara, konawe utara. sejahtera dan berdaya saing,”tukasnya. *

(Rakyatpostonline.com/ M. Sahrul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *