https://rakyatpostonline.com/wp-content/uploads/2022/06/WhatsApp-Image-2022-06-23-at-16.55.06-3.jpeg

Aspun Tuntas Membangun Desa Sarimukti

Aspun,S.Si, Kepala Desa Sarimukti


Konawe Utara, Rakyatpostonline.com – Pemerintah Desa Sarimukti, Kecamatan Langgikima, Kabupaten Konawe Utara (Konut) telah memprogramkan kegiatan pembangunan, baik itu fisik maupun non fisik pada tahun anggaran 2019 lalu.
Semangat pembangunan untuk kesejahteraan masyarakat, itulah yang selalu digaungkan Kepala Desa (Kades) Sarimukti, Aspun, S.Si, Melalui Dana Desa (DD) Kades, Aspun terus menggenjot pembangunan infrastruktur untuk meningkatkan ekonomi masyarakat serta memberikan fasilitas terbaik untuk warganya.

Hal ini ditunjukannya dari berbagai capaian pembangunan yang telah direalisasikannya melalui Dana Desa yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tahun 2019. Inovasi serta terobosan dalam rangka mempercepat pembangunan infrastruktur demi memacu pertumbuhan ekonomi masyarakat di Desa yang dipimpin menjadi fokus utamanya.

Pembangunan Talud Penahan Tebing Tanah Desa Sarimukti. (M.Sahrul/Rakyatpostonline.com)

Kades Sarimukti, Aspun, mengatakan untuk menyukseskan program pembangunan desa ke depan, diperlukan peran perangkat desa yang bisa bersinergi dengan lembaga desa dan masyarakat.
“Saya berharap semuanya untuk terus fokus menyukseskan program pembangunan desa di semua bidang, baik yang skala prioritas maupun dibidang lainnya seperti pemberdayaan masyarakat”, tegasnya.

Hanya saja, kata dia, dalam pembangunan fisik dihadapi berbagai kendala, Salah satu diantaranya intensitas hujan semakin tinggi jelang pembangunan tahap ke tiga. namun ia tidak menjadikan kendala utama, dalam pelaksanaan pembangunan.
“Semua pekerjaan pembangunan desa sarimukti, bukan menjadi kendala yang serius, walaupun curah hujan naik, namun durasi ke durasi dalam melaksanakan proses pekerjaan lapangan kami melalui proses, kapan matahari panas kita percepat proses pembangunan,” Ungkap Aspun, kepada Rakyat Post.

Dikatakannya, pembangunan fisik yang sudah direalisasikan diantaranya, pembangunan Drainase dengan volume 190 meter, total anggaran Rp.107.082.169 (Seratus Tujuh Juta Delapan Puluh Dua Ribu Seratus Enam Puluh Sembilan Rupiah), Pembangunan Dueker 4 unit, Total Anggaran Rp.39.045.600 (Tiga Puluh Sembilan Juta Empat Puluh Lima Ribu Enam Ratus Rupiah) Selanjutnya Pembangunan Talud Beronjong penahan tebing, Volume 22 meter, anggaran Rp.109.375.750 (Seratus Sembilan Juta Tiga Ratus Tujuh Puluh Lima Ribu Tujuh Ratus Lima Puluh Rupiah) dan Terakhir Pengadaan kwh sebanyak 110 unit/rumah.

Pembangunan Drainase Desa Sarimukti Tahun Anggaran 2019 Dana Desa. (M.Sahrul/Rakyatpostonline.com)

“Hasil pembangunan ini sudah bisa dirasakan langsung oleh masyarakat. Kita harapkan ke depan seluruh masyarakat bisa menjaga dan merawatnya. Karena setiap hasil pembangunan merupakan aset desa yang berharga”, jelasnya.
Dalam setiap pembangunan, Aspun, selalu melibatkan masyarakat. Hal ini, guna memberikan masyarakat andil dalam pembangunan. “Dengan begitu, masyarakat akan merasa memiliki. Tentunya akan selalu menjaga dan merawat hasil pembangunan yang sudah direalisasikan, tak lupa ini adalah hasil musyawarah desa (musdes) bersama semua unsur masyarakat,” Ucapnya.

Selain itu, kata dia, semua perangkat desa dan BPD dalam pembangunan, selalu bersama-sama berfikir kemajuan desa. “Meski masih ada kekurangan, namun komunikasi yang sudah terjalin dengan baik tentu akan dipertahankan, guna menjadikan desa kami lebih maju dan berkembang ke depan Lebih Sejahtera dan Berdaya Saing,”, Tutup Aspun, S.Si
Menurut Kepala desa mudah dan enerjik itu, dimasa akhir periodenya, tahun 2021 berakhir jabatan memangku pemerintahan, ia sangat berharap akses jalan menuju sarimukti dapat teralisasi kedepannya dengan pengaspalan, sebab menurutnya bahwa kendala utama di desanya adalah akses sarana jalan sebagai bentuk jantung tranportasi mengalami kendala ketika musim hujan tiba.

Pemasangan KWH Masyarakat Melalui Anggaran Dana Desa Tahun Anggaran 2019.(M.Sahrul/Rakyatpostonline.com)

Warga Desa Sarimukti, kepada media ini mengatakan sangat berterima kasih kepada Pemerintah Desa yang telah merealisasikan dana desa saat ini. Sebab masyarakat dapat merasakan langsung manfaatnya. Terlebih sarana pemasangan KWH kepada masyarakat, yang notabene tidak mampu membiayai secara pribadi, akhirnya dapat terpasang dengan bantuan dan kerja keras kepala desa Aspun demi kepentingan masyarakatnya. (A)

(Rakyatpostonline.com/Syaifuddin/M. Sahrul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *