https://rakyatpostonline.com/wp-content/uploads/2022/06/WhatsApp-Image-2022-06-23-at-16.55.06-3.jpeg

Berkat Kerja Nyata Dinkes Konut, Puskesmas Paka Indah Raih Akreditasi Madya

Nurjannah Efendi, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Konawe Utara. (Din/Rul/Rakyatpostonline.com)

Konawe Utara, Rakyatpostonline.com – Puskesmas Paka Indah di Kecamatan Oheo, Kabupaten Konawe Utara, meraih sebuah prestasi. Prestasi yang diraih itu berhasil memperoleh Akreditasi Madya.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara (Sultra), Nurjannah Efendi bersama jajarannya untuk meningkatkan dunia kesehatan patut ajungi jempol, kepada media cetak/online, Rakyatpostonline.com, menjelaskan, akreditasi dilaksanakan dengan ketat. Prestasi Akreditasi Madya yang diperoleh Puskesmas Paka Indah tersebut merupakan bagian dari hasil kerja keras semua tim di puskesmas setempat.
Selain itu juga bagian dari kerja sama masyarakat Kecamatan Oheo yang dengan caranya masing masing turut serta mendukung proses akreditasi puskesmas setempat.

“Sebagai fasilitas tingkat pertama, prestasi tersebut diperoleh setelah mendapat penilaian dari tim Akreditasi Kementrian Kesehatan RI. Puskesmas meraih akreditasi madya,” ujar Nurjannah.

Dijelaskannya, proses penilaian yang dilakukan oleh tim akreditasi terdiri dari berbagai indikator yakni indikator penilaian, Indikator – indikator itu terbagi di sejumlah indikator pelayanan antara lain administrasi manajemen, UKM (upaya kesehatan masyarakat) serta UKP (upaya kesehatan perorangan atau klinis), penggelangan komitmen, pemahaman standar elemen penilaian, kaji banding, dan selanjutnya tahap penilaian akhir oleh tim akreditasi Kemenkes.

“Kelengkapan sarana dan prasarana puskesmas juga dinilai oleh akreditasi. Jadi kami benar benar persiapkan dengan baik agar apa yang diharapkan untuk diakreditasi bisa diperoleh,” ujar kepala dinas kesehatan konut tersebut.

evaluasi untuk menentukan keabsahaan pelayanan rumah kesehatan itu dilakukan langsung oleh tim penilai akreditasi dari Kemenkes didampingi tim akreditasi Provinsi, juga Kabupaten Konut. Pelaksanaanya berlangsung di masing-masing puskemas yang masuk dalam kepesertaan.

“Akreditasi Puskesmas mulai dijalankan sejak 2017, dari 22 puskesmas di Konut saat ini sudah 13 yang terakreditasi. Kami terus bekerja agar semua puskesmas dapat terakreditasi. Kalau pelaksanaanya, tim akreditasi melakukan pemeriksaan mulai dari metode pelayanannya, kelengkapan administrasinya, tata graha, tenaga medis sampai dengan pokja UKP, UKM, dan Admin,” Tuturnya.

Nomor registrasi puskesmas, mempunyai dokter umum sekurang kurangnya dua orang, memiliki petugas kesehatan lingkungan (kesling), petugas apoteker dan petugas promosi kesehatan (promkes). Selain persyaratan tersebut, nilai standar mutu pencapaian angka akreditasi juga harus mencapai minimal 75 hingga 80 persen.
Dengan hasil yang diperoleh tentu menjadi kebanggaan tersendiri bagi Puskesmas Paka Indah dan juga masyarakat umum lainnnya. Hasil yang diperoleh sudah maksimal karena Puskesmas mampu mencapai Akreditasi Madya bukan Akreditasi Dasar.

“Ini tentu menjadi motivasi bagi kami untuk terus meningkatkan pelayanan demi kepuasan masyarakat yang hendak pendapatkan pelayanan di Paka Indah. Kami akan terus meningkatkan mutu pelayanan sesuai dengan standar operasional,” Harap Nurjannah.

Ia mengatakan tujuan dilakukan survey akreditasi diantaranya meningkatkan mutu pelayanan dan keselamatan pasien. Meningkatkan perlindungan bagi sumber daya manusia kesehatan, masyarakat dan lingkungannya, serta puskesmas, klinik pratama, tempat praktik mandiri dokter. Serta Meningkatkan kinerja Puskesmas, Klinik Pratama, tempat praktik mandiri dokter dalam pelayanan kesehatan perseorangan dan/atau kesehatan masyarakat. (A)

(*Rakyatpostonline/Din/Rul/RED)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *