Marthen Minggu: Anggaran Rp. 1 Miliar Pilkades 2019 Konut Siap Dicairkan

Marthen Minggu, Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Konawe Utara. (Rakyatpostonline.com)

Konut, Rakyatpostonline.com – Pemerintah Kabupaten Konawe Utara, Sulawesi Tenggara (Sultra), mengusulkan anggaran sebesar Rp. 1 Miliar untuk kegiatan Pemilihan kepala Desa (Pilkades) serentak yang akan digelar pada Oktober 2019.

Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara (Sultra), Marthen Minggu, mengatakan anggaran itu membiayai Pilkades Serentak untuk 89 desa di Konawe Utara.

Saai ini pihaknya siap mengucurkan anggaran pelaksanaan pesta demokrasi tingkat peserta calon kepala desa yang tertuang di dalam Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Perubahan 2019.

“Anggaran Pilkades serentak ini kami masukkan pada APBD Perubahan Konawe Utara 2019, karena Pilkades serentak dilakukan usai penetapan APBD perubahan, saat ini sudah tidak ada lagi kendala terkait masalah anggaran, sebab kita sudah siapkan jauh hari dalam perencanaan dan pelaksanaannya siap unutuk digelar,” Ungkap Marthen Minggu Kepada Rakyatpostonline. Kamis (26/9/2019)

Diketahui dari total desa yang akan melakukan Pilkades serentak tersebut terdapat 49 kepala desa yang sudah habis masa jabatannya. Kemudian 37 kepala desa yang baru berakhir pada Januari 2020 serta tiga kepala desa yang tersandung kasus hukum.
“Dana Rp 1 Miliar ini Sudah termaksud tahapan dan pelatihan selama penyelenggaraan Pilkades Serentak 2019,” Tambah Marthen Minggu.

Menurut Marthen Minggu, selebihnya Leading Sektor Desa dalam hal ini Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), Konawe Utara (Konut), melanjutkan pelaksanaan penyelenggaraan Pilkades 2019.
Diketahui Kabupaten Konawe Utara terdapat 159 desa, dan terdapat 11 kelurahan. (*Din/RED/RP)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.