Peringatan HKG PKK Tingkat Konut, Ruksamin Harap Kader Terus Berkarya

Bupati Konut membuka acara peringatan Hari Kesatuan Gerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) ke-50 tingkat Kabupaten Konawe Utara. (*Ist/RP).

[responsivevoice_button voice=”Indonesian Female” buttontext=”Baca Teks Berita“]

Konawe Utara, Rakyatpostonline.com – Bupati, H. Ruksamin membuka acara peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) ke-50 tingkat Kabupaten Konawe Utara (Konut) tahun 2022, di Aula Konasara, Kamis (31/3/2022).

Orang nomor satu di Konut ini, dalam sambutannya mengatakan, HKG PKK Tahun 2022,merupakan momentum untuk meningkatkan peran dan fungsi PKK sebagai organisasi gerakan sosial masyarakat yang mempunyai potensi dalam melaksanakan pembangunan, memiliki program terstruktur mulai dari pusat, hingga daerah, serta di dukung dengan kader yang handal.

“Oleh sebab itu, Pemerintah Kabupaten Konawe Utara menyambut baik serta mengapresiasi kegiatan ini,” kata bupati.

Dirinya menambahkan, dalam rangka peningkatan kualitas PKK sebagai lembaga kemasyarakatan dan mitra pemerintah, mulai tingkat kabupaten hingga desa harus bersinergi satu sama lain, serta secara optimal melakukan percepatan pencapaian visi dan misi PKK.

“Percepatan dalam melaksanakan capaian 10 Program Pokok PKK ini, dilaksanakan dengan menjalin kemitraan pada sejumlah pihak termasuk pemerintah kecamatan, desa, kepada instansi vertikal, serta sejumlah Lembaga Sosial Kemasyarakatan (LSM),” ucapnya.

Bupati berharap, peringatan ini bukan semata-mata merupakan kegiatan rutin tahunan saja, tetapi harus ada upaya dan langkah konkret, mengejar prestasi dari kader-kader PKK di setiap kecamatan dan desa untuk melahirkan karya terbaru.

Ruksamin yakin TP-PKK mampu memaksimalkan aksi atau program pemberdayaan keluarga, sehingga keluarga-keluarga di Kabupaten Konut sebagai komposisi masyarakat luas, bakal terjamin kesejahteraannya.

Oleh karena itu, dirinya terus mendorong TP-PKK Kabupaten Konut untuk meminimalisir kegiatan yang monoton dan seremonial.

“Semoga ke depan Tim Penggerak PKK Kabupaten Konawe Utara semakin mampu dan lebih baik lagi dalam pemberdayaan keluarga dalam rangka memenuhi kebutuhan keluarga di Kabupaten Konawe Utara,” ungkapnya.

Mengakhiri sambutannya, bupati meminta program dan kegiatan PKK untuk dapat diselaraskan dengan visi-misi pembangunan Kabupaten Konut.

Hal ini penting, sehingga pelaksanaan program PKK dan pemerintah daerah dapat selaras dan saling mendukung, bersinergi, dan berkesinambungan mulai dari desa dan kelurahan, kecamatan, hingga ke kabupaten.

Sementara itu, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Konut , Hj. Nurponirah Ruksamin dalam sambutan mengatakan, Instrumen manajemen dalam forum Rakernas ke IX menjadi sangat istimewa dan merupakan tahun emas gerakan PKK.

“Melalui peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK kali saya menginginkan agar gerakan PKK kembali pada rohnya, yaitu sebagai gerakan masyarakat untuk pemberdayaan keluarga,” ucapnya.

Artinya, sambung dia, keluargalah yang harus menjadi fokus perhatian sebagai unit terkecil masyarakat, sehingga dapat diberdayakan sesuai dengan potensi dan kebutuhannya untuk skala yang lebih luas di Indonesia. “Maka gerakan PKK juga berpotensi memberdayakan masyarakat secara keseluruhan,” tutupnya. (**)


 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Dilarang Copy Paste. Hargai Karya Orang Lain Boss!