Pendapatan PD BPR Bahteramas Tumbuh Ditengah Pandemi Covid-19

Bupati dan Ketua DPRD Konut hadir Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) tahun 2022. (*Ist/RP).

[responsivevoice_button voice=”Indonesian Female” buttontext=”Baca Teks Berita“]

Konawe Utara, Rakyatpostonline.com – PD Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Bahteramas se-Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) tahun 2022.

RUPS dibuka oleh Gubernur Sultra, Ali Mazi, dihadiri seluruh kepala daerah kabupaten dan kota. Kegiatan berlangsung di Aula Sunset Resort Pantai Lakeba, Kota Bau-bau, Selasa (29/03/2022).

Ali Mazi dalam sambutannya, mengungkapkan bahwa pertumbuhan ekonomi secara nasional, termasuk di Sultra beberapa tahun terakhir, mengalami penurunan yang disebabkan pandemi Covid-19.

Namun berdasarkan laporan kinerja keuangan, pertumbuhan pendapatan BPR Bahteramas mengalami kenaikan pendapatan laba, senilai kurang lebih Rp14 miliar, selama tahun 2021.

Olehnya, Ali Mazi mengucapkan terima kasih kepada seluruh Pemerintah Kabupaten di Sultra. Ia pun mengimbau agar selalu berkolaborasi dan bekerja sama, berdasarkan tupoksi untuk menguatkan usaha perekonomian rakyat dan daerah.

Orang nomor satu di Bumi Anoa ini juga mendorong peningkatan kinerja dalam tubuh BPR Bahteramas, termasuk memperkuat kolaborasi dengan Pemda di 17 kabupaten dan kota, demi mendorong laju pertumbuhan perekonomian daerah.

“Kemudian BPR Bahteramas diharapkan bisa memperkuat jaringan kemitraan dengan pelaku usaha, serta peningkatan UMKM masyarakat di daerah,” jelasnya.

Terkhusus di Kabupaten Konawe Utara (Konut), BPR Bahteramas sudah memiliki nasabah sebanyak 10.328 orang dengan pertumbuhan aset sebesar 25.61% dengan nilai aset Rp 17.033.779.754.53 pada tahun 2021.

PD BPR Bahteramas Konut juga berprestasi menjadi satu-satunya di Sultra yang bekerja sama dengan bank umum dan telah memperoleh izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dalam pelayanan transfer antar bank, pembayaran pajak, BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan.

Terkait dengan hal tersebut, Bupati Konut, Ruksamin dalam kesempatan paparannya, mengharapkan agar BPR Bahteramas bisa lebih maju dalam hal inovasi, serta mampu menyesuaikan kemampuan pelayanannya dengan bank-bank lain.

“Saat ini era revolusi industri 4.0, inovasi dan kemampuan pelayanan harus maju,” ucapnya.

Lanjut Ruksamin, Pemkab Konut bakal memberikan bantuan modal, serta dikolaborasikan dengan Perusahaan Umum Daerah (Perumda), jika BPR Bahteramas mampu meyakinkan sektor inovasi pelayanan seperti BUMN atau BUMD yang lain.

“Tentunya dengan kemampuan pelayanan yang memudahkan masyarakat atau pelaku usaha,” katanya.

Dijelaskan Ruksamin, Perumda di Konut memiliki program kerja sama Corporate Social Responsibility (CSR) dari beberapa perusahaan.

Sehingga jika BPR Bahteramas melakukan inovasi, baik dalam segi pengelolaan saham, pelayanan jasa keuangan, modal, dan kebutuhan pelayanan keuangan masyarakat yang lain, maka Pemkab Konut bakal menyandingkannya dengan Perumda, termasuk pengelolaan CSR.

“Semoga BPR Bahteramas mampu meyakinkan pemerintah agar bisa memberikan penambahan modal hingga menjadi pemilik modal utama dengan peningkatan kemajuan pelayanan, baik dari segi struktur, sistem kinerja hingga pada pelayanan keuangan bagi masyarakat dan pelaku usaha,” tutup Ruksamin. (**)


 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *