https://rakyatpostonline.com/wp-content/uploads/2022/06/WhatsApp-Image-2022-06-23-at-16.55.06-3.jpeg

Desa Waworaha, Palangga Prioritas Bangun Jalan dan Drainase


Konawe Selatan, Rakyatpostonline.com |
Pemerintah Desa Waworaha, Kecamatan Palangga, Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) telah merealisasikan pembangunan infrastruktur pada tahun anggaran 2020. Pembangunan jalan sendiri dilakukan dibeberapa titik dari Dana Desa Tahap I dan II.

Kepala desa waworaha, Waliyadi mengatakan, pihaknya merinci pembangunan jalan dilakukan di Dusun Karanganyar, diantaranya di Dusun 3, RT 02 serta Dusun 1, RT 02. Sudah dilaksanakan semua, bahkan sekarang sudah bisa dilalui warga desa waworaha dan desa tetangga.

“Sesuai keinginan masyarakat yang tertuang dalam Rencana Kerja Pemerintah (RKP) desa, tahun ini kita prioritaskan pembangunan jalan, dueker dan saluran drainase yang dilaksanakan di tahap I dan II,” Papar, Waliyadi pada Rakyat Post, Selasa, (25/8/2020).

Selain itu, Waliyadi memaparkan, pembangunan dana desa tahap II dilakukan untuk pembangunan jalan lingkungan Desa Waworaha. Pembangunan jalan dilakukan di Dusun 3 dengan total anggaran Rp.116,214,000, dan 2 unit dueker plat, total anggaran Rp.36.712.000 serta peningkatan jalan juga dilakukan di dusun 1, Total Anggaran Rp. 46.297.000.

Pemerintah Desa Waworaha berharap, pembangunan yang dilakukan pemerintah dari Dana Desa Tahap II ini bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

“Pembangunan yang telah dilaksanakan merupakan sebagai fasilitas buat warga. Memberikan yang terbaik bagi masyarakat tentu adalah sebuah keharusan,” Paparnya.

Pihaknya juga menyebut, saat ini beberapa pembangunan yang sudah rampung yakni pembangunan Dreinase, Tahap I Desa Waworaha yang sudah mulai bisa digunakan warga.

Dia mengatakan pihaknya membangun saluran drainase itu sepanjang 365 meter dengan alokasi anggaran sebesar Rp173.367.000, dari anggaran dana desa tahap I Tahun 2020. Sedangkan, pelaksanaan pembangunan diterapkan dengan program padat karya tunai (PKT).

“Alhamdulillah, pembangunan saluran drainase itu kami libatkan puluhan masyarakat sekitar. Tujuannya agar pemanfaatan dana desa tersentuh langsung ke masyarakat. Selain itu, sebagai bentuk transparansi pengelolaan keuangan desa setiap pekerjaan kami pampangkan papan anggaran,” terang, Waliyadi.

Ia menambahkan, dalam pembangunan tersebut guna meningkatkan kebutuhan dasar fisik di Desa Waworaha menjamin ekonomi sektor publik.

“Manfaatnya banyak sekali, dari segala bidang atau sektor, secara garis besarnya bisa dirasakan masyarakat secara berkelanjutan,” Pungkasnya. (*)


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *