https://rakyatpostonline.com/wp-content/uploads/2022/06/WhatsApp-Image-2022-06-23-at-16.55.06-3.jpeg

Kades Mowila Serahkan Langsung Bantuan BLT Dana Desa Kepada Masyarakat

PENYERAHAN BLT DESA - Neni Kalenggo, Kepala Desa Mowila Menyerahkan secara langsung Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) Tahun anggaran 2020 kepada masyarakat penerima. Selasa, (05/05/2020). (Dedi/Rakyatpostonline.com).


Konawe Selatan, Rakyatpostonline.com – Pemerintah Desa (Pemdes) Mowila, Kecamatan Mowila, Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) saat ini telah menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) Tahun anggaran 2020, langsung kepada masyarakat desa. Selasa, (05/05/2020).

Menurut Neni Kalenggo selaku Kepala Desa Mowila mengatakan, BLT sudah dicairkan dan dana tersebut sementara penyerahan ke setiap Kepala Keluarga (KK), adapun bantuan BLT yang di berikan sebesar Rp 1.200.000,- (Satu Juta Dua Ratus Ribu Rupiah).

“Jadi saat ini kita sudah menyalurkan secara langsung dana BLT Desa Mowila kepada 130 Kepala Keluarga. Bantuan BLT ini bersumber dari Dana Desa (DD) APBN tahun 2020, tahap pertama. Dimana pembagian ini disalurkan kepada warga yang terdampak pandemi COVID 19,” Ucap, Neni Kalenggo.

Selain itu Kepala desa Mowila Juga menyerahkan bantuan berupa Masker ke masyarakat yang membutuhkan kurang lebih 300 buah masker, dan pemdes mowila juga sudah melakukan penyiraman cairan disinfektan yang di bantu oleh aparat desa TNI dan Polri.

“Diketahui dalam penerimaan BLT DD 2020, setiap KK mendapat Rp 600.000 per bulan, selama tiga bulan. Tapi kita berikan langsung 2 bulan total Rp.1,200.000, mulai April dan Mei sisanya nanti di bayarkan bulan juni kecepatan penyaluran BLT ini tak lepas dari peran semua pihak yang terus melakukan validasi data calon penerima,” Paparnya.

Ibu Neni Kalenggo, menambahkan, transfer Dana Desa dari pemerintah pusat ke dana-desa di Desa Mowila Kecamatan Mowila kabupaten Konawe selatan (Konsel), mempunyai sasaran sesuai kategori Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

“Sasaran utama penerima BLT ini adalah warga miskin yang terdata dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dan warga non-DTKS terdampak Covid-19. Mereka di antaranya adalah orang yang kehilangan mata pencaharian akibat covid 19,” Tutup, Neni Kalenggo, Kepala Desa Mowila.

Isramadan, salah satu masyarakat desa mowila mengatakan, dengan cairnya DD APBN dari Kementerian Desa dan PDTT pihaknya selaku masyarakat penerima manfaat BLT mengucapkan banyak terima kasih kepada pemerintah pusat dan Kementerian Desa, yang telah membuat skema pengalihan sebagian dana desa untuk membantu warga terdampak COVID-19.

“Ini bukan pekerjaan mudah untuk sinkronisasi data. Tak Lupa saya juga berterima kasih kepada kepala desa, Ibu Neni Kalenggo, Camat Mowila, Muh. Sustanto Tawulo, SH. MH beserta Bhabinkamtibmas, Kapospol, IGM, Suhardita dan Babinsa Koramil 15/1417 Landoono dan dinas terkait yang terus lembur beberapa hari ini untuk menuntaskan pendataan, sehingga BLT bisa cair ini hari di Desa Mowila, Kecamatan Mowila,” Kesannya. (B)

Laporan: Dedi Wardani
Editor: M. Sahrul

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *