Mubedi, Kepala Desa Wawouru dan Salasatu Program Dana Desa T.A 2019 Program Pembangunan Jembatan. (Saldin/rakyatpostonline.com)

Konawe Selatan, Rakyatpostonline.com – Pemerintah Desa Wawouru, Kecamatan Palangga, Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra),

dibawah Kepemimpinan Mubedi sebagai Kepala Desa (Kades) mencapai kemajuan yang sangat Signifikan baik disektor pembangunan maupun dalam pemberdayaan masyarakat.

Bukan isapan jempol semata, hal ini dibuktikan Mubedi, dimasa jabatannya berlangsung selama 2 Periode, telah membangun sejumlah fasilitas/Infrakstruktur Desa seperti Jembatan, jalan pertanian/pemukiman,Drainase, dan masih banyak lagi yang anggarannya bersumber Dari Dana Swadaya, Dana Desa (DD), dan Alokasi Dana Desa (ADD).

Saat dikunjungi dikediamannya Mubedi yang juga Ketua Pengurus Asosiasi Kepala Desa (AKD) Kecamatan Palangga ke wartawan Rakyatpostonline.com, mengatakan Desa Wawouru Dengan Luas georafis 4500 hektar are (HA),136.000 jumlah jiwa,320 kepala keluarga (kk), terbagi empat dusun dan terus melakukan penggenjotan pembangunan Desa.

“Selama 2 periode menjabat Kades Wawouru ini, Alhamdulillah sudah banyak sekali yang berhasil kita kerjakan, diantaranya, pembangunan infrastruktur, yaitu baik melalui usulan proposal ke pihak Pemkab maupun melalui Dana Desa ataupun Alokasi Dana Desa,” Ungkapnya.

Sementara itu, terkait Dana Desa Tahun Anggaran (TA) 2019, Mubedi memaparkan berdasarkan skala Prioritas hasil musyawarah desa (Musdes) Tahun Lalu. disektor pembangunan pihaknya tengah fokus merealisasikan beberapa item pembangunan, diantaranya, Pembangunan Jembatan ukuran 4 x 5 meter sejumlah 2 unit dengan anggaran persatu unitnya Rp. 156.000.000,- dan Pembuatan 55 Unit Jambanisasi akumulatif anggaran gelondongan senilai Rp.110.000,000,- dan persatu unitnya dianggarkan Rp. 2000.000,- Selanjutnya pengadaan Penerangan 150 Lampu Jalan senilai Rp.97.500.000, Pembangunan 1 unit Kios Desa (Bumdes) senilai Rp.137.445.000,-

“Sedangkan tahap 40% kali ini, dengan total anggaran Rp.263.033.200, Sementara direalisasi pada pembangunan 1 Unit Jembatan, 10 Jamban, 50 Unit Lampu dan sisanya kami selesaikan di tahap tiga nantinya,” Papar Mubedi.

Mubedi menambahkan sejumlah keberhasilan yang diraih dalam membangun Desa tidak terlepas berkat kerjasama, kerja keras seluruh aparatur pemdes beserta seluruh elemen masyarakat Desa Wawouru.

“Tidak lupa saya ucapkan terima kasih kepada Bapak Bupati, memberikan motivasi dan perhatiannya terhadap kemajuan pembangunan desa di kabupaten konawe selatan, dan juga keseluruh perangkat dan masyarakat Desa Wawouru.” pungkas Kades Wawouru Di akhir wawancara. (B)

Laporan: M.Saldin
Editor: Sahrul/RED

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here