Pembangunan Akses Penerangan Lampu Jalan Desa Ambuwiu di Gelontaran Melalui Dana Desa Tahun 2017 Menghasilkan Realisasi Maksimal. (M.Sahrul/rakyatpostonline.com)

Konawe, rakyatpostonline.com – Upaya pemerintah di tingkat desa untuk membenahi seluruh kebutuhan yang berkaitan dengan kepentingan umum, nampaknya semakin antusias dilakukan. Seperti yang terlihat di Desa Ambuwiu, Kecamatan Wonggeduku Barat, Kabupate Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra), di mana kepala desa bersama masyarakat bergotong royong melakukan pembenahan di wilayahnya dengan bantuan lampu penerangan jalan ditiap wilayah dusun. Pemasangan tiang lampu penerangan jalan dibuat satu set oleh pemerintah desa ambuwiu agar masyarakat tinggal di masing-masing lingkungan kediamannya.

Kepala Desa Ambuwiu, Ilham. S menjelaskan dimedia ini, kegiatan pemasangan lampu penerangan jalan itu merupakan salah satu kebutuhan masyarakat dalam berbagai kegiatan, sangat penting untuk dipertimbangkan. Terlebih pengadaan lampu penerangan jalan itu sudah dibiayai dalam Dana Desa (DD) pada tahun 2017 lalu.

“Sekitar Sepasang Tempat Penempatan Jalan dilakukan disetiap wilayah dusun satu hamparan, guna menerangi kegiatan masyarakat di Desa Ambuwiu. Utamanya bagi pejalan kaki pada malam hari.

Penempatan titik penerangan lampu jalan itu juga berdasarkan hasil musyawarah dan mufakat antara pemerintah desa dan masyarakat. ”Ungkap Ilham. Alasannya, Lanjut Ilham, selama ini masyarakat harus melewati desa ambuwiu pada malam hari harus lebih berhati-hati berjalan, karena gelap tanpa lampu yang menerangi jalan dapat mengurangi risiko kecelakaan dan bertindak negatif lainnya.

“Alhamdulillah, Desa Ambuwiu Pertama kali menggagas penerangan lampu jalan masing-masing masing-masing rumah penduduk, pada tahun 2017 melalui Dana Desa APBN, setelah pelantikan saya pada bulan 11 tahun 2016 untuk yang periode periodenya ke desa di sini dan masyarakat mempercayakan saya untuk menggunakan amanah ke dua waktu. Gagasan penerangan lampu jalan permukiman malam hari sangat indah terlihat seperti desa ramai, dan beberapa teman desa berkencan dengan kerumah termotivasi untuk bisa didesa mereka. ”Jelasnya.

Selain pemasangan lampu penerangan jalan yang menjadi prioritas, ada juga beberapa kegiatan pembangunan lainnya yang sudah direalisasikan. Sebut dia, seperti pembangunan Rehap Rumah atau yang dikenal Aladin (Atap Lantai dan Dingding) berdasarkan kalasifikasi, Pembangunan Rehap Jembatan dan Pembangunan Senitasi Warga tahun melalui Dana Desa (DD), selanjutnya pembangunan deuker plat TA. 2017-2018 dan Rehap Rumah 64 Unit, memasang instalasi Kwh 2019 Melalui Dana Desa APBN dan berbagai kegiatan lain yang merupakan kepentingan umum. Ditambahkannya salah seorang warga Desa Ambuwiu, Asdar memberikan apresiasi positif kepada kepala desanya.

Asdar menilai apa yang dilakukan kepala desa tersebut merupakan bentuk perhatian terhadap kebutuhan bagi warga masyarakatnya desa ambuwiu.

“Mudah mudahan kepala desa, pak ilham dikepemimpinannya ke depan tetap dapat memperhatikan kebutuhan masyarakat, lebih penting yang dipertimbangkan dengan kepentingan umum tanpa ada pilih kasih,” jelasnya. (* M. Sahrul/ RP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here