Bupati Konut Tekankan Sinkronisasi Program Pembangunan Saat Pimpin Musrenbang

Penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Tahun 2025. Kegiatan yang dilaksanakan di Gor Konasara Pemda Konut, Senin (1/4/2024).

Konawe Utara, Rakyatpostonline.com – Bupati Konawe Utara (Konut), H. Ruksamin secara resmi membuka Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kabupaten Tahun 2024 dalam Rangka Penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Tahun 2025. Kegiatan yang dilaksanakan di Gor Konasara Pemda Konut, Senin (1/4/2024).

Hadir Kepala Bank BI Sultra, Kepala Bappeda Provinsi Sultra sekaligus menjadi narasumber dalam Musrenbang tersebut. Turut hadir Wakil Ketua DPRD, Forkopimda, Pj. Sekretaris Daerah, Kepala OPD Lingkup Pemda Konut, Kepala Instansi Vertikal, Camat, Lurah dan Kepala Desa se-Kabupaten Konut.

Tema yang diusung dalam Musrenbang tahun ini adalah “memperkokoh fondasi transformasi pembangunan melalui pengembangan SDM unggul dan perekonomian berkualitas”.

Ruksamin dalam sambutannya, mengklaim bahwa masa kepemimpinannya bersama wakilnya Abuhaera yang sudah tiga tahun lebih, telah menghasilkan berbagai prestasi dan program pembangunan yang menjawab aspirasi masyarakat.

“Keberhasilan ini tidak terlepas dari dukungan berbagai pihak seperti DPRD Konut, Forkopimda melalui fungsi dan tugasnya masing-masing,” ucap Ruksamin dengan penuh rasa syukur.

Ruksamin menekankan pentingnya Musrenbang sebagai wadah untuk menyepakati Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Konut tahun 2025.

Kepala Bank BI Sultra dan Kepala Bappeda Provinsi Sultra menjadi narasumber dalam Musrenbang.

Olehnya itu, dirinya mengundang para peserta untuk memberikan sumbangan pikiran, guna menyusun rencana yang dapat menyatukan aspirasi dengan kebijakan pembangunan dari pemerintah pusat dan provinsi.

Pada kesempatan tersebut, Ruksamin juga menekankan perlunya sinkronisasi program pembangunan untuk mengoptimalkan potensi wilayah dan memenuhi kebutuhan mendesak ditahun 2025.

Prioritas pembangunan yang utamakan meliputi peningkatan kualitas SDM, perekonomian masyarakat, dan infrastruktur wilayah.

Diakhir sambutannya, Ruksamin kembali menegaskan terkait beberapa program nasional yang harus ditindaklanjuti dalam program Pemerintah Daerah

Beberapa program tersebut yakni penghapusan kemiskinan ekstrem, penurunan stunting, pengendalian inflasi, dan peningkatan investasi.

Dalam acara itu bupati juga menyerahkan secara simbolis Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP) bagi ASN Pemda Konut kepada perwakilan tiap eselon.

Dibeberlan, secara rinci jumlah PNS dan P3K se-Kabupaten Konut yang menerima TPP, gaji 13, gaji reguler bulan april sebanyak 3.025, dengan total yang dibayarkan gaji 14 sebesar 13.5 M, TPP Januari dan Februari sebesar 9,5 miliar rupiah, dan gaji reguler bulan April sebesar 13.6 miliar. Total keselurahan yang dibayarkan 36,7 miliar rupiah.

Acara kemudian dilanjutkan dengan sesi diskusi dimana dalam sesi tersebut bupati memaparkan point utama pembahasan Musrenbang yakni capaian makro ekonomi, presentasi dan inovasi pembangunan, dan prioritas pembangunan RKPD Konut tahun 2025.

Kegiatan diakhiri dengan penyerahan cendera mata oleh bupati kepada narasumber dan dilanjutkan buka puasa bersama dengan peserta Musrenbang. (**)


Laporan: Syaifuddin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *