Desa Sambandete Wakili Konut Lomba Satlinmas Tingkat Polda Sultra

Kasubdit Polda Sultra, Kasat Binmas Polres Konut, Ketua Komisi A DPRD Konut, Kepala Desa Sambandete bersama tokoh masyarakat, agama dan pemuda menggelar Pembinaan Siskamling, Pokdar, dan FKPM di Desa Sambandete. (*Ist)

Konawe Utara, Rakyatpostonline.com – Demi meningkatkan peran serta masyarakat melalui pengamanan swakarsa terciptanya situasi kamtibmas yang aman dan kondusif serta mendukung pelaksanaan Pembinaan Siskamling, Pokdar, dan FKPM pada masing-masing wilayah.

Dinilai terbaik melakukan pembinaan pada petugas Siskamling Desa Sambandete, Kecamatan Oheo, dipercaya sebagai tuan rumah mewakili Konawe Utara (Konut) pada lomba Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) Kepolisian Daerah Sulawesi Tenggara (Polda Sultra).

Kegiatan ini turut dihadiri Kasubdit Polda Sultra, Kasat Binmas Polres Konut, Ketua Komisi A DPRD Konut, Kepala Desa Sambandete bersama tokoh masyarakat, agama dan pemuda.

Kepala Desa (Kades) Sambandete, Idrus, mengatakan bahwa, kegiatan ini dilaksanakan sesuai dengan arahan Kapolda Sultra melalui Polres Konut, untuk meningkatkan pendekatan kepada Komunitas masyarakat bawah.

“Satuan Perlindungan Masyarakat atau sering kita sebut dengan Satlinmas atau yang lebih kita kenal dengan nama Linmas/Hansip merupakan warga masyarakat yang disiapkan dan dibekali pengetahuan serta keterampilan untuk melaksanakan kegiatan penanganan bencana dan lain-lain,” Ungkap Idrus. Senin, (12/06/2023).

“Sebagaimana arahan Kapolres Konut untuk melaksanakan pendekatan terhadap para komunitas di Masyarakat bawah, hal tersebut tentunya untuk menjaga kondusifitas yang baik,” Katanya.

Selanjutnya, Idrus juga menambahkan bahwa kegiatan Sosialisasi tersebut diantaranya, mengaktifkan kembali Siskamling, mencegah Intoleransi dan Radikalisme, antisipasi Berita Hoax, ujaran kebencian dan pesan-pesan Kamtibmas untuk meningkatkan kemitraan serta berpartisipasi dalam mewujudkan situasi Kamtibmas yang aman, damai dan kondusif.

“Untuk pelaksanaan lomba digelar Minggu, 11 Juni 2023. Saya berharap dengan pembekalan serta pelatihan yang sudah diberikan ini para Linmas Sambandete siap dan dapat memberikan penampilan terbaik,” Pungkasnya. (**)


Laporan : Syaifuddin

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *