Gelar Rakor Program Kerja 2022, Bupati Konut Genjot Visi Misi Konasara

Bupati Konawe Utara, H. Ruksamin menjabarkan misi program kerja pemkab konut tahun anggaran 2022. Rabu, (02/02/2022). (*Ist/RP)

[responsivevoice_button voice=”Indonesian Female” buttontext=”Baca Teks Berita“]

Konawe Utara, Rakyatpostonline.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Utara (Konut) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar Rapat koordinasi (Rakor) program kerja tahun anggaran 2022. Dalam pelaksanaan Rapat Koordinasi dan Sinergitas Program Kegiatan ini dipimpin langsung Bupati Konawe Utara, H. Ruksamin, berlangsung di Aula Lantai 1 Kantor Bupati Konut, Rabu (02/02/2022).

Bupati Konawe Utara, H. Ruksamin, mengatakan, kondisi makro Kabupaten Konawe Utara di tahun 2020, yakni mengenai Indeks Pembangunan Manusia atau IPM Konut berada di 69,86 persen atau menempati posisi keempat Kabupaten Kota se-Sultra

“Kontribusi terhadap PDRB Provinsi Sultra sebesar 3,04 persen, kondisi kemiskinan 13,53 persen, angka kemiskinan 13,53 persen, kondisi pengangguran terbuka 3.79 persen, dan PDRB perkapita 60,85 persen,” Ungkap, Ruksamin.

Upaya konkret dalam penguatan program kerja setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) pada Pelaksanaan kegiatan program kerja tahun anggaran 2022, mengacu pada Visi dan Misi Konasara atau Konawe Utara Lebih Sejahtera dan Berdaya Saing.

Turut hadir pelaksanaan rapat koordinasi ini dari unsur Forkopimda Konut, Sekda Konut H.M.Kasim Pagala, dan diikuti para Asisten, Staf Ahli, Kepala OPD, Kabag, Camat, dan Kabid lingkup Pemda Konut.

“Misi pertama Konasara, yaitu meningkatkan kualitas dan daya saing sumber daya manusia, agenda pokok dalam misi ini adalah Konawe utara cerdas dan sehat, anggaran untuk mencapai misi ini sebesar 117,2 Miliar atau 13,53 persen dari APBD Konut tahun 2022,” Terangnya.

Selanjutnya, Misi kedua meningkatkan ketersediaan infrastruktur dasar dan sarana prasarana kawasan permukiman, agenda pokok Misi ini adalah Konut Infrastruktur merata, dengan anggaran untuk capai misi ini 229,2 miliar, dengan persentase anggararan 34,53 persen.

“Ketiga mewujudkan keadilan sosial dan nilai tambah dalam pengelolaansumberdaya alam guna meningkatkan daya saing ekonomi, dengan agenda pokok misi ini adalah Konut lapangan kerja untuk rakyat, anggaran untuk capai misi ini 55,4 M, dengan persentase 6.40 persen,” Urai Ruksamin dalam dalam sambutannya, mengarahkan Kepala OPD untuk lebih mengoptimalkan tujuan utama program.

Misi empat mewujudkan tata kelola pemerintahan yang akuntabel, reformasi
birokrasi, dan pelayanan publik yang prima. Agenda pokok misi ini adalah Konut melayani, dengan anggaran 351,6 M, persentase 40,58 persen.

Misi kelima meningkatkan kualitas lingkungan hidup dan ketahanan bencana, agenda pokok Misi ini adalah Konut tangguh, 48,8 M, persentase 4,71 persen

Terakhir, Misi ke enam membangun peradaban masyarakat yang bertumpu pada nilai – nilaikl keagamaan dan kebudayaan lokal, agenda pokok misi ini yakni Konut harmonis dan berbudaya, dengan anggaran untuk capai misi ini 2,1 M, persentase 0,25 persen.

“Dari sub tadi yang saya sampaikan keiginan saya agar betul-betul terlaksana, saya yakin dan percaya, jika ini bisa kita lakukan kita pasti akan capai yang namanya Pulau Konasara,” Pungkasnya. (**)


 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *