SAKIP Periode 2016-2020 Dievaluasi, Bupati Konut Dorong OPD Tingkatkan Kinerja

[responsivevoice_button voice=”Indonesian Female” buttontext=”Baca Teks Berita“]

Konawe Utara, Rakyatpostonline.com – Bupati Konawe Utara (Konut), Ruksamin membuka acara review Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP), di Ballroom Yuan Garden/Pasar Baru Mansion, Jakarta Pusat.

Hadir dalam kegiatan, Wakil Bupati Konut, Abuhaera, Sekda, serta dihadiri oleh seluruh Kepala OPD, didampingi masing-masing Admin SAKIP/Perencanaan Lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konut.

Kegiatan berlangsung dengan presentase masing-masing Kepala OPD, dibimbing oleh Asisten Deputi Koordinasi Pelaksanaan Kebijakan dan Evaluasi Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan, Akhmad Hasmy, AK.

Dijelaskan Akhmad Hasmy, Secara umum SAKIP merupakan rapor bagi kepala daerah dan wakil kepala daerah dalam menjalankan program kerja periode 5 tahunan.

Ia juga menjelaskan, Sakip harus setara dengan tujuan kebahagiaan dan kesejahteraan masyarakat, sehingga pemerintah harus mencapai target yang sesuai dengan apa yang dibutuhkan masyarakat, serta publik harus tau apa yang dilakukan pemerintah.

SAKIP juga berfungsi untuk menyusun perencanaan dari perancangan kegiatan program kerja seluruh OPD untuk mewujudkan visi-misi Bupati dan Wakil Bupati yang tertuang dalam RPJMD.

Sementara itu, Ruksamin menjelaskan, pada tahun 2020 lalu, Pemkab Konut mendapat Predikat Nilai B oleh Kemenpan-RB Republik Indonesia. Sehingga pada tahun 2021, pihaknya menargetkan predikat nilai BB atau lebih meningkat lagi.

Olehnya Ruksamin dalam sambutannya menegaskan agar seluruh OPD memprogramkan kinerjanya dengan mendasarkan seluruh kegiatan untuk mencapai visi-misi yang tertuang dalam RPJMD.

Hal yang dimaksud adalah agar seluruh Instansi/OPD berkolaborasi menyusun program kinerja dengan menyasar visi-misi Konasara jilid II tahun 2021-2026. Pertama yakni meningkatkan kualitas dan daya saing Sumber Daya Manusia, tertuang dalam program Konut Cerdas dan Sehat.

Kedua, meningkatkan Ketersediaan Infrastruktur dasar dan sarana prasarana kawasan pemukiman. Ketiga, mewujudkan keadilan sosial dan nilai tambah dalam pengelolaan sumber daya alam, guna meningkatkan daya saing ekonomi.

Keempat, mewujudkan tata kelola pemerintah yang akuntabel, reformasi birokrasi, dan pelayanan publik yang prima. Kelima, meningkatkan kualitas lingkungan hidup dan ketahanan bencana. Terakhir keenam, membangun peradaban masyarakat yang bertumpu pada nilai-nilai keagamaan dan kebudayaan lokal.

Selain menegaskan penyusunan program kinerja instansi, Ruksamin juga memberikan penegasan terhadap kinerja individu seluruh ASN di Lingkup Pemda Konawe Utara dengan bakal diluncurkannya Sistem E-TPP Konasara dengan nama aplikasi “SiAnawaiKonasara”.

Sistem ini bakal merekam seluruh aktifitas, kinerja, hasil kinerja, disiplin hingga menentukan pendapatan bersih per-bulan yang terakumulasi dari seluruh indikator penilaian secara otomatis seluruh ASN di Konawe Utara. (**)


 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Dilarang Copy Paste. Hargai Karya Orang Lain Boss!