Jumat Bersih, Kepala Desa Sumber Jaya Galakkan Kebersihan Lingkungan Desa

Kades Sumber Jaya, Ketut Wija saat memberikan arahan jumat bersih kepada kaum gender. Jumat, (28/8/2020).


Konawe Selatan, Rakyatpostonline.com |
Masyarakat bersama Perangkat Desa Sumber Jaya, Kecamatan Lalembuu, Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) bersama-sama mengadakan kerja bakti pada hari Jumat dengan Gerakan Jumat Bersih. Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Kepala Desa dan diikuti Kasi, Kaur, Kadus, Staf, lembaga masyarakat yang ada di desa tersebut.

Kepala desa Sumber Jaya, Ketut Wija mengatakan, salah satu kegiatan ini dalam bentuk membersihkan lingkungan halaman kantor ataupun ruangan-ruangan kantor, hingga banyak manfaat yang akan dirasakan.

“Seringkali aksi kerja bhakti pada hari Jumat, disebut gerakan Jumat Bersih atau bulan bakti, kadang disertai juga kegiatan bulan bakti pagi. Sehingga diharapkan budaya Jumat Bersih bisa berkembang menjadi Jumat Sehat. Karena perilaku hidup bersih sangat menentukan pola hidup sehat, di lingkungan tempat kerja masing-masing,” Ungkap, Ketut Wija, Jumat, (28/8/2020).

Selain itu, Ketut Wija memaparkan, lingkungan tempat kerja yang sehat akan mendukung sikap kerja personal yang sehat, sehingga mempengaruhi produktifitas kerja yang berkualitas, bagi perkembangan instansi tempat bekerja.

“Jum’at Bersih merupakan kegiatan rutin di Lingkungan Kantor Balai Desa Sumber Jaya, yang dilaksanakan oleh seluruh perangkat desa dan lembaga masyarakat yang ada di Desa  diagendakan pada bulan bakti,” Paparnya.

Tujuan yang akan dicapai dari kegiatan Jumat bersih adalah untuk memupuk rasa saling memiliki dan meningkatkan keharmonisan masyarakat agar tercipta desa yang sehat dan kondusif. Selain itupula menumbuhkan rasa memiliki di kalangan perangkat akan pentingnya kebersihan lingkungan demi kesehatan, sehingga suasana di kantor atau tempat kerja akan terasa nyaman dan kantor dapat terpelihara dengan baik.

“Sebagai tanggungjawab kita sebagai pemerintah desa, sudah menjadi kewajiban memberikan contoh melakukan hal yang positif terutama dalam hal kebersihan lingkungan yang kita terapkan setiap hari jumat, bahkan kaum gender ikut serta mengambil peran aktif melaksanakan pembersihan fasilitas pemerintah dan halaman rumah warga,” Terang Ketut Wija.

Pemerintah desa sumber jaya memiliki jumlah 524 Kepala Keluarga (KK) yang didiami mayoritas 95 % penduduknya bertani, dan penduduknya sangat majemuk.

“Karena bagaimanapun juga, apa yang kita lakukan tentu masyarakat akan melihat, dan ini bisa menjadi motivasi masyarakat untuk ikut meniru,“ Pungkas, Ketut Wija. (*)


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.