Pemda Konut Gelar Rakor Penyaluran BLT dan Pembekalan Pendamping Desa Se-Konut

RAKOR PENYALURAN BLT - Rapat Teknis dengan Pendamping Desa Se Kab Konut dalam rangka menindaklanjuti Permendesa PDTT terkait penyaluran BLT Dana Desa. Sabtu, (2/05/2020). (Ist/Rakyatpostonline.com)


Konawe Utara, Rakyatpostonline.com – Pemerintah Daerah (Pemda) Konawe Utara (Konut) Sulawesi Tenggara, gelar Rapat Koordinasi bersama Tenaga Ahli dan Pendamping Desa se- Kabupaten Konawe Utara di Posko Pencegahan Covid 19. Rapat koordinasi (Teknis) kali ini membahas Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa terhadap warga masyarakat yang kurang mampu yang berhak untuk menerima bantuan tersebut akibat dari dampak Pandemi Covid-19. Rakor ini dihadiri Kepala Dinas Pemberdayaan dan Masyarakat Desa (DPMD) beserta unsur tim relawan covid-19, Tim Ahli Pendamping Desa serta Pendamping Desa se Kab. Konawe Utara. Sabtu, (2/05/2020).

Rapat koordinasi dibuka oleh Bupati Konut, H. Ruksamin, dalam sambutannya menyampaikan perihal adanya kebijakan baru dari Pemerintah Pusat, Provinsi dan Kabupaten tentang penanganan dan pencegahan penyebaran virus corona atau covid-19. Sehingga pemerintah kabupaten konawe utara berupaya keras untuk melaksanakan apa yang menjadi arahan dan mandat, terkait penanganan Covid-19 termasuk kebijakan bantuan langsung tunai (BLT) bagi warga masyarakat fakir miskin.

“Walau hari Libur, Kami tetap melaksanakan Rapat bersama Tenaga Ahli dan Pendamping Desa di Posko Pencegahan Covid 19 Konut. Acara Rapat Teknis dengan Pendamping Desa Se Kab Konut dalam rangka menindaklanjuti Permendesa PDTT terkait penyaluran BLT Dana Desa,” Papar Bupati Konut.

Menanggapi surat edaran Direktorat Jendral Pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa No.12/PRI.00/IV/2020 Perihal : penegasan BLT Dana Desa dimana salah satu poin dalam surat edaran tersebut agar pemerintah desa segera menyalurkan BLT dana desa.

Selain Itu, Ketua DPW PBB ini menjabarkan, Alokasi Dana Desa yang dikeluarkan untuk warga yang terdampak langsung dan diberikan oleh pemerintah desa setempat, “Selanjutnya pemerintah desa dan pendamping desa serta babinkamtibmas, babinsa dan tokoh masyarakat hadir pada saat penyaluran bantuan ini nantinya, sebagaimana tujuan dari ini agar bantuan yang tersalurkan tepat pada sasaran dan diterima bagi warga yang benar benar terdampak COVID-19,” Imbau, H. Ruksamin kepada Rakyat Post.

Lebih lanjut H. Ruksamin, yang juga selaku ketua tim relawan Pencegahan dan Penanggulangan Covid-19 Konut, menyampaikan saat ini banyak hal yang sudah dilakukan oleh Pemda Konut Bersama Tim Gugus Covid 19, dalam rangka penanganan dan pencegahan penyebaran covid-19, diantaranya adalah pembentukan tim relawan covid-19, pembentukan posko relawan serta penjadwalan tim relawan, penyemprotan disinfektan di tempat-tempat strategis dan tempat layanan umum, sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat melalui himbauan untuk berperilaku hidup sehat dan bersih, penyiapan ruang isolasi atau karantina bagi pemudik dan pendataan masyarakat miskin yang terdampak covid-19.

“Harus seperti ini langkah baik yang dilakukan pemerintahan desa yang ada di konut, dimana dengan rapat musyawarah ini maka bantuan yang akan diberikan oleh masyarakat tidak menjadi pertanyaan dan peruntukan Alokasi ADD bisa jadi transparan” Jelas H. Ruksamin. (*)

(Rakyatpostonline.com / Syaifuddin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.