https://rakyatpostonline.com/wp-content/uploads/2022/06/WhatsApp-Image-2022-06-23-at-16.55.06-3.jpeg

Penilaian Lomba Kesatuan Gerak PKK Desa Wonuaraya Ciptakan Lingkungan Bersih dan Sehat

Desa Wonuaraya, Kecamatan Baito, Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) Dinilai tim penilai lomba Kesatuan Gerak (KG) PKK, Kependudukan Keluarga Berencana Pembangunan Keluarga Kesehatan (KKBPK) tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara tahun 2020. Senin (20/1/2020) (Dedy/Rakyatpostonline.com)

Laporan: Dedi Wardani. Editor: M. Sahrul

Konawe Selatan, Rakyatpostonline.com – Desa Wonuaraya, Kecamatan Baito, Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) dinilai tim penilai lomba Kesatuan Gerak (KG) PKK, Kependudukan Keluarga Berencana Pembangunan Keluarga Kesehatan (KKBPK) tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) tahun 2020.

Ketua Tim penilai lomba Kesatuan Gerak PKK-KKBPK-KESEHATAN, dipimpin oleh TP. PKK Provinsi Sultra, Maswati Madjid, diterima oleh Bupati Konawe Selatan, diwakili melalui staf ahli bidang pemerintahan, H. Agus Salim, bersama ketua TP. PKK Kabupaten Konawe Selatan, ibu Hj. Nurlin Surunuddin. SH, Ibu Wakil Bupati, Ibu ketua dharma wanita Persatuan Kab. Konsel, kepala Organisasi Pimpinan Daerah (OPD) BKKBN Konsel, Kadis Kesehatan dan pengurus PKK Kab. Konsel serta ketua TP.PKK Kecamatan se-kab. Konsel dan Camat Baito, Harianto Liambo, SP.,M.P.Wk beserta Kepala Desa Wonuaraya, Ahmat Ghosali, Senin (20/1/2020).

H. Agus Salim, pada kesempatan itu mengatakan seperti diketahui bersama, keberadaan PKK tidak bisa dipisahkan dengan pemerintah dalam menjalankan program-program pemberdayaan keluarga. Usaha yang tertuang dalam 10 program pokok PKK memang diimplementasi untuk meningkatkan kesejahteraan dan kesehatan keluarga.

Ditambahkan, lomba ini juga sebagai usaha untuk lebih meningkatkan rasa gotong royong masyarakat, dalam menghadapi lomba. Namun Staf Ahli Pemerintahan Konsel ini juga menegaskan, lomba ini tidak semata-mata mengejar juara saja, namun lebih pada kelanjutan kedepannya.

Camat Baito, Harianto Liambo Bersama Cruew Rakyat Post, Dedi Wardani. (Rakyatpostonline.com)

Kelanjutan setelah lomba, jangan sampai kader PKK hanya semangat saat lomba, namun setelahnya selesai kembali loyok. “Saya tidak ingin hanya semangat saat menghadapi lomba saja, namun apa yang menjadi program-program dalam 10 Program pokok PKK dapat dimplementasi dalam kehidupan sehari-hari. Untuk itu saya sangat berharap agar mampu menampilkan yang terbaik, karena usaha yang terbaik pasti akan menghasilkan yang terbaik juga,” Tegasnya.

Sementara itu, Ketua Tim Penilai Lomba TP. PKK Provinsi Sulawesi Tenggara, Maswati Madjid menegaskan agar pelaksanaan PKK senantiasa dapat terlaksana untuk mewujudkan keluarga yang sehat dan sejahtera. Maswati juga menyampaikan, penilaian lomba Kesatuan Gerak PKK-KKBPK-Kesehatan, dan lomba PKK dalam rangka HKG PKK tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara terdiri dari beberapa indikator jenis perlombaan.

Tim Penilai Saat Berada di Desa Wonuaraya, Kecamatan Baito.

Ketua TP. PKK Kabupaten Konawe Selatan, Ibu Hj. Nurlin Surunuddin. SH, berharap Desa Wonuaraya dapat menggaet posisi terbaik mewakili konawe selatan ketingkat provinsi sultra hingga nasional. Dan utamanya masyarakat dapat mengsukseskan program Keluarga Berencana, meningkatkan kesejahteraan dan kesehatan keluarga.

Ditempat yang sama, Camat Baito, Harianto Liambo, mengatakan kegiatan yang dilaksanakan di Desa Wonuaraya TP. PKK Kecamatan Baito, Kabupaten Konawe Selatan, tentunya telah bersinergi dengan perangkat daerah, mengacu pada program pembangunan Kabupaten Konsel serta Provinsi Sultra. Dan pihaknya secara rutin telah melakukan pembinaan, tujuannya sebagai evaluasi 10 program pokok PKK untuk menumbuhkan motivasi dan penguatan kelembagaan serta pemberdayaan masyarakat dan kemandirian dalam melaksanakan 10 program pokok PKK guna membangun masyarakat sejahtera.

“Kami dari pemerintahan kecamatan baito, optimis memberikan pelayanan dan pemberdayaan kemasyarakatan, berdasarkan rujukan 10 program pokok pemantapan PKK. Melalui Kesatuan Gerak PKK-KKBPK-Kesehatan yang di selenggarakan saat ini, khususnya di bidang KB dan Kesehatan,” Ungkap Harianto Liambo.

Untuk lomba kali ini, pelaksana terbaik Desa Wonuaraya mewakili kabupaten konawe selatan ke tingkat provinsi hingga sampai ketingkat nasional. Berdasarkan penilaian karakterisktik indikator 10 program PKK. Diantaranya pola asuh anak dan remaja dengan penuh cinta kasih dan sayang dalam keluarga. Kesatuan gerak PKK-KKBPK-Kesehatan. (Adv/Rakyatpostonline)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *