Peringati Hut PGRI KE 74, Ruksamin: Insentif Guru Honorer Konut Naik 1 Juta Per Bulan

Bupati Konawe Utara, Ruksamin Menandatangani Prasasti Mendapatkan Bantuan Sekolah. (Sahrul/Rakyatpostonline.com)

Konawe Utara, Rakyatpostonline.com – Ribuan guru Se-Kabupaten Konawe Utara (Konut) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), tampak antusias menghadiri pembukaan Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) dalam rangka memperingati Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Ke 74 dan Hari Guru Nasional (HGN) 2019 di lapangan Andowia, Konut, Rabu (25/12/2019).

Dalam acara pembukaan ini, setiap perwakilan dari kontingen Kecamatan melakukan parade di depan Bupati Konawe Utara, Ruksamin, Ketua DPRD Konut, Ikbar, SH, Sekda Konut, H. Martaya, dan Ketua PGRI Kabupaten, Anas Herson, turut hadir Ketua PGRI Provinsi Sulawesi Tenggara, DR. Abdul Halim, serta Jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Konawe Utara.

Tiap kontingen pun menunjukkan semangat mereka dengan tampil semenarik mungkin dengan pertunjukan busana dan atraksi budaya penyambutan tamu undangan dan juga peraga mersin band. Hal inipula yang membuat acara ini semakin meriah dan penuh semarak, meskipun digelar di tengah lapangan yang terik.

Menindaklanjuti surat ketua umum PGRI pusat ke Provinsi hingga Kabupaten/Kota. Sebagai mandat dan wujud perkembangan mutu kualitas Sumber daya Manusia (SDM) dilingkup pendidikan menjadi tujuan utama pemkab konut.

Bupati Konawe Utara, Ruksamin membuka langsung Pekan Olahraga dan Seni (Porseni). Dalam kesempatan itu Ruksamin, mengatakan kegiatan Porseni ini dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional (HGN) dan Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) ke 74, menjadi ajang silaturahmi bagi sesama guru yang dikemas dalam nuansa pertandingan olahraga dan kesenian. Di ajang ini, para guru dituntut untuk bersaing secara profesional berebut juara.

Bupati Konawe Utara, Ruksamin Menyerahkan Secara Simbolis Bantuan Kepada Kepala Sekolah dan Guru Berprestasi. (Sahrul/Rakyatpostonline.com)

“Kita jadikan kekuatan dalam memupuk persatuan dalam bingkai kebhinekaan, yang kita laksanakan dalam kegembiraan dan semangat kebersamaan. Untuk itu, marilah kita pupuk semangat ini secara terus menerus, yang juga sebagai modal utama mendorong pembangunan daerah kita yang lebih baik,” Harap Ruksamin.

Selamat atas terlaksananya Porseni tersebut. Semoga usai kegiatan, makin memperkokoh tali silahturahmi dan persatuan, serta menjadikan pelaksanaan tugas dan kewajiban kita dalam meningkatkan SDM semakin baik.
“Mengenang semangat guru ditanah air. Penindalanjuti serta meningkatkan pendidikan SDM. Saat ini IPM konawe utara naik menjadi 68,50 % yang sebelumnya pada tahun 2017/2018 menempai indeks 67,91 %. Semua ini merupakan berkat kerja keras teman guru,” Ungkap Ruksamin.

Penguatan tenaga pendidik menjadikan target utama mencerdaskan anak bangsa di bumi oheo. Oleh karena itu, Ruksamin telah mencanangkan melalui program pemkab konut yang telah dikemas ditahun 2020. Salah satunya menaikan insentif guru honorer di tahun 2020. Berdasarkan kesepakatan DPRD dan Pemkab Konut menjadi 1 Juta Rupiah Per Bulannya. Ratusan guru honorer sontak bertepuk tangan sebagai ungkapan rasa syukur atas pengabdian hak dan tanggungjawabnya ditahun 2020 sebagai bentuk motivasi atau dorongan penggerak mutu pendidikan konut.

Selanjutnya Bupati Konawe Utara menyerahkan secara simbolis bantuan sekolah dan penghargaan kepada guru berprestasi/teladan yakni SMP.N 1 LASOLO, SMP.N 1 LEMBO, SD.N 2 MOLAWE, SD.N 1 MOTUI, SD.N 1 OHEO dan SMP.N 1 MOLAWE.

Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Konut, Lapeha mengatakan tujuan pelaksanaan adalah sebagai ajang silahturahmi seluruh anggota PGRI se-Kabupaten Konut dan untuk penyaringan bibit olahraga dan seni bagi anggota PGRI.

Dengan waktu pelaksanaan mulai 25 – 31 Desember 2019 dengan peserta berasal dari 13 Pengurus PGRI Cabang se-Konut, bertempat di Kelurahan Andowia, Kecamatan Andowia, Konawe Utara.

Adapun kegiatan diisi dengan Olahraga, yakni Sepak Bola, Volly Ball. Kesenian, yakni Paduan Suara, Vokal Grup, dan Lulo Kreasi.

“Kami mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tinggi atas dedikasi, komitmen, dan segala ikhtiar yang telah dilakukan oleh guru, tenaga pendidik dan kependidikan dalam mencerdaskan kehidupan bangsa dan ikut memeriahkan kegiatan Pekan Olahraga Seni dan Kreatifitas Guru tahun 2019 di kabupaten konawe utara,” ujarnya,” Tutup Lapeha.

(Rakyatpostonline.com/Udin/Sahrul.)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.