Ketua DPRD Konawe Harap Panwascam Tingkatkan Integritas

Konawe, Rakyatpostonline.Com – Bawaslu melantik 84 Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) se-Kabupaten Konawe, Jumat (24/5/2024).

Ketua Bawaslu Konawe, Abuldan menegaskan agar anggota Panwascam bisa menjalankan tugas dengan baik dan menjaga intergritas.

Selanjutnya, diharapkan juga dapat menjalin koordinasi dengan seluruh pihak terkait hingga di tingkatan bawah, untuk keperluan pengawasan dan pencegahan.

“Panwascam jangan mau terlibat dengan kepentingan calon atau partai manapun. Jaga integritas,” ujar Abuldan.

Abuldan menyampaikan tantangan yang akan dihadapi anggota Panwascam dalam Pilkada nanti. Pertama, waspadai benturan kepentingan. Kedua, isu-isu liar yang berkembang di masyarakat.

Abuldan mengingatkan, Pilkada rawan dengan isu-isu hoaks yang berpotensi mengganggu jalannya Pilkada, sehingga diperlukan kesiagaan dari anggota Panwascam.

Ia berpesan diperlukan langkah mitigasi atau pencegahan harus dimaksimalkan untuk mencegah kejadian seperti di Pemilu lalu terjadi di Pilkada.

“Tugas dan tanggungjawab Panwascam bukan hanya mengawasi tahapan penyelenggaraan, dan penindakan, tetapi juga tentang pencegahan,” kata Abuldan.

Diakhir, Abuldan berpesan agar Panwascam menjalin kerja sama yang baik sesama penyelenggara.

Senada dengan itu, Ketua DPRD Konawe, Ardin dalam sambutannya, berharap kepada para penyelenggara, khususnya Panwascam untuk mengedepankan prinsip profesionalitas dalam bekerja.

Ia mengungkapkan, Panwascam menjadi garda terdepan dalam menjaga demokrasi di lapangan, termasuk dalam menjaga tahapan Pilkada Konawe agar berjalan sesuai rambu-rambu yang berlaku.

“Sukses buat Panwascam yang baru saja dilantik, selamat menjalankan tugas di lapangan dengan tetap mempertahankan integritas,” tutup Ardin.


Laporan : Red

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *