Ketua DPRD Bersama Pj Konawe Dorong Ekspor Beras

Konawe, Rakyatpostonline.Com – Penjabat (Pj) Bupati Konawe, Harmin Ramba, menghadiri acara panen padi perdana di Desa Tawamelewe, Kecamatan Uepai, Sabtu (20/4/2024).

Dalam acara tersebut, Harmin Ramba didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Konawe, Ferdinan Sapan, Pabung Konawe, Letkol Inf Azwar Dinata, Kadis Pertanian, Gunawan Samad, dan sejumlah pejabat lainnya.

Dalam sambutannya, Harmin Ramba memuji ketekunan para petani di Desa Tawamelewe. Meskipun sebagian besar wilayah Konawe belum memasuki musim panen, para petani di Kecamatan Uepai telah memulai panen padi lebih awal.

“Inilah yang kita katakan Kota Padi dan ini sangat berharga apalagi berada di tengah-tengah kondisi saat ini, tentunya kami sangat mengapresiasi akan ketekunan bapak ibu dalam menanam, merawat hingga panen hari ini,” ucapnya.

Mantan Camat Abuki ini berharap, beras yang dihasilkan oleh petani di Kabupaten Konawe dapat diekspor sehingga harga jualnya dapat lebih baik.

“Dengan nilai jual yang tinggi, petani kita akan merasakan kesejahteraan,” ungkap Harmin Ramba.

Bupati Konawe juga menyampaikan bahwa pemerintah telah menyiapkan tim khusus di bidang pangan yang bertugas memastikan tidak ada lagi lahan tidur.

Tim ini juga memberikan edukasi kepada masyarakat untuk memaksimalkan potensi sumber daya yang ada guna mewujudkan ketahanan pangan masyarakat.

Selain itu, lahan seluas kurang lebih tiga ratus hektar akan digunakan untuk pabrik beras. Produk beras tersebut akan menjadi bahan baku untuk pabrik tepung beras, pabrik pakan, dan pabrik pupuk.

“Hal ini merupakan implementasi dari konsep hilirisasi industri sektor pertanian,” tambahnya.

Hal senada diungkapkan Ketua DPRD Konawe, Ardin, secara terpisah kepada awak media, beberapa hari lalu. Ia menilai Konawe sebagai wilayah yang bukan hanya terkenal karena bidang industri saja, tetapi lebih duluan dikenal sebagai lumbung padi.

Hal tersebut terbukti dengan kedatangan Menteri Pertanian beberapa kali, dimana terakhir pada bulan Januari 2024, Mentan mendorong adanya swasembada pangan di Kabupaten Konawe.

Ardin berharap, seluruh program peningkatan produksi pertanian, dapat meningkatkan nilai tambah dan memberikan dampak positif bagi petani dan masyarakat Kabupaten Konawe secara keseluruhan.

“Kalau potensi di Konawe tidak perlu diragukan lagi. Kita punya lahan luas, petani yang berpengalaman, tinggal bagaimana Inovasi kita sehingga ekspor dimaksimalkan,” tutup Ketua DPRD Konawe.


Laporan : Red

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *